Home > My Review > Hoax

Hoax

Hoax itu merupakan salah satu jenis dari informasi palsu, maka dari itu tidak semua informasi palsu dapat dimasukkan ke dalam jenis Hoax, akhir-akhir ini saya melihat begitu gampangnya seseorang melabeli sebuah informasi dengan sebutan Hoax, agar kita tahu untuk menentukan sebuah informasi itu adalah Hoax cakupannya cukuplah luas, di dalam Hoax terkandung disinformasi dan misinformasi.

Kita bahas sejenak tentang disinformasi dan misinformasi ini karena disinformasi dan misinformasi ini merupakan bagian dari Hoax, disinformasi itu merupakan sebuah informasi palsu yang diciptakan secara sengaja untuk mengelabui orang-orang, sedangkan misinformasi itu merupakan menciptakan sebuah informasi yang keliru, sampai disini boleh kita ketahui dari perbedaan kedua kata tersebut bukan ?

Jadi begini contohnya, ada sebuah kejadian yang terjadi sebutlah dengan nama kejadian A, kejadian A ini diinformasikan kepada khalayak ramai, namun dalam penyampaian informasi kejadian A tersebut ada pihak-pihak yang dengan sengaja menciptakan sebuah informasi yang berbeda tentang kejadian A tersebut, sehingga orang-orang akan bingung perihal mana informasi yang sebenarnya,pihak-pihak yang menciptakan informasi berbeda ini biasanya adalah  pihak-pihak yang dirugikan jika khalayak ramai mengetahui Fakta sebenarnya dengan kejadian A tersebut, maka dia menciptakan informasi yang berbeda untuk mengurangi kerugian yang akan dia dapatkan terhadap kejadian tersebut. 

Nah bagaimana dengan misinformasi ? Misinformasi ini memang menciptakan informasi yang salah dengan maksud tujuan untuk menipu atau dengan tujuan orang-orang tidak akan tahu tentang apa hal yang sebenarnya bahkan orang yang menerima informasi tersebut tidak sadar bahwa dia sedang ditipu.Dalam hal ini hanya pemilik informasi tersebutlah yang mengetahui hal yang sebenarnya yang terjadi namun dia tidak memberikan informasi tersebut kepada orang melainkan dia memberikan informasi yang berbeda.

Lalu bagimana dengan Hoax ? disaat anda menerima sebuah informasi dan informasi tersebut dibuat secara sengaja untuk menutup fakta yang sebenarnya dan membuat anda meyakini informasi tersebut, dimana anda tidak sadar bahwa anda telah mendapatkan informasi yang palsu, maka dapat dikatakan bahwa informasi tersebut adalah HOAX, disini salah satu poin pentingnya adalah tentang apakah anda sadar atau tidak sadar telah mendapatkan informasi palsu, namun bukan berarti trik sulap itu merupakan sebuah HOAX.

Mungkin contoh ilustrasi ini akan membantu anda. Ada sebuah kejadian A, kejadian A ini diberitakan namun anda mendapatkan dimana dalam berita tersebut telah terjadi yang namanya pengaburan fakta, namun anda tidak sadar kalau anda sedang menerima pengaburan fakta dari berita yang anda dapatkan tersebut dan anda meyakini berita tersebut.

Kalau mau contoh konkritnya seperti ini, mengutip apa yang disampaikan Rocky Gerung : Pemerintah adalah pembuat hoax terbaik. Nah saya kasih contoh kecil dari masa pemerintahan Joko Widodo , dimana pemerintahan Joko Widodo telah menciptakan sebuah Hoax terbaik diantara yang terbaik yaitu masalah tentang BBM 1 Harga.

Kita sudah tahu selama ini bahwa harga BBM diseluruh SPBU adalah sama,baik itu di Papua, di Jakarta, di Medan semua jenis harga BBM adalah sama, namun anda mendapatkan informasi bahwa pemerintah telah berhasil menyatukan harga BBM diseluruh Indonesia dengan program BBM 1 Harga. Dimana selama ini banyak orang-orang yang mengetahui bahwa harga BBM di papua sangatlah mahal, bisa mencapai ratusan ribu per liternya, namun dengan program BBM 1 harga ini, pemerintah telah berhasil membuat harga BBM di papua sama dengan harga BBM di Jakarta maupun di Medan, atau dimana saja di belahan bumi daratan Indonesia ini.

Padahal sejak kapan tahun sebenarnya di Papua harga BBM itu sama dengan harga di kota-kota lainnya bila kita beli di SPBU, namun bila kita beli di pengecer artinya diluar SPBU seperti BBM botolan yang dijajakan dipinggir jalan maka harganya akan berbeda, nah di Papua perbedaan harganya sangatlah mencolok, jika anda di kota-kota besar mungkin saat membeli BBM Botolan maka anda hanya mendapatkan silisih harga seribu rupiah atau dua ribu rupiah, beda halnya di Papua anda akan mendapatkan selisih harganya yang sangat jomplang.

Anda bisa lihat bagaimana hoax itu diciptakan ? yang pertama pemerintahan Jokowi mengaburkan informasi tentang harga BBM di SPBU untuk daerah Papua, Pemerintahan Jokowi membuat sebuah informasi bahwa harga BBM di Papua mencapai ratusan ribu perliter, disini Pemerintahan Jokowi mengaburkan harga BBM di SPBU dengan menggunakan harga BBM di pengecer, disini anda terkena disinformasi  kemudian anda terkena misinformasi yaitu ada ketidaksadaran dalam diri anda telah mendapatkan informasi yang salah dan disaat yang bersamaan anda meyakini bahwa ada program BBM 1 harga yang telah berhasil.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: