Home > Internet, Tips dan Trik, Tips Komputer > Phising Attack Selalu Mengintai, Anda Harus Tetap Waspada

Phising Attack Selalu Mengintai, Anda Harus Tetap Waspada

Sebelum membuat tulisan ini, saya sudah menyediakan segelas Capppucino Good Day With Grande dengan seduh air mendidih, bukan air panas dari dispenser tombol merah. Karena sekarang ini menulis itu sudah sangat membosankan, sudah 2 tahun juga tulisan di blog ini tidak terpublish, sekali publis yang akan kita bahas adalah mengenai phising attack yakni sebuah tehnik manipulasi untuk mendapatkan personal information.

Oh iya saya juga akan berusaha sekuat tenaga menghilangkan kemalasan saya untuk dapat tetap menulis di blog ini, karena saling berbagi itu adalah sebuah hal yang baik bukan ? kecuali berbagi ranjang dengan orang lain ( ahh ini celotehan apaan ini )kembali ke pokok permasalahan yang ingin saya bahas kali ini, yakni phising attack yang sampai sekarang masih mengintai setiap pengguna internet bahkan masih saja masih ada korban dari aktifitas phising ini, padahal sudah sangat sering diingatkan perihal pencurian informasi personal di dunia internet.

Phising attack merupakan sebuah tindakan manipulatif yang dilakukan seseorang terhadap korbannya, melalui berbagi platfrom media, bisa melalui email, sosial media, pesan teks, atau pesan singkat pada perangkat mobile yang digunakan oleh target.

Attacker biasanya akan menyampaikan hal-hal yang bombastis untuk menarik perhatian target sehingga target masuk ke dalam perangkap yang dikirimkan kepada perangkat, atau attacker juga akan menyampaikan hal-hal yang harus dilakukan secara terdesak sehingga target tidak memperdulikan atau melakukan crosschek atas informasi yang didapatkan, maka dengan sendirinya target telah masuk ke dalam perangkap attacker.

Contoh email phising yang akan didapatkan oleh target dari seorang attacker : image by incapsula.com

Pada salah satu phising attack melalui email yang terlampir pada gambar diatas, yakni attacker melakukan manipulasi data dan membuat salah satu hal yang sangat tergesa-gesa, yaitu menginformasikan kepada target jika password emailnya perlu diperbaharui dikarenakan akan purna guna dalam 1 hari, target akan berpikir dia harus melakukan update password, agar tetap dapat menggunakan emailnya kembali, attacker kemudian menyediakan sebuah url yang seolah-olah bahwa url tersebut merupakan url asli dari situs universitas, namun sebenarnya link tersebut akan mengarah ke url lain, sebagai contoh adalah seperti ini, anda membaca ini url berikut adalah facebook.com , namun saat anda mengaksesnya yakinlah anda akan diarahkan ke google.com

Untuk itu anda harus tetap waspada saat mengakses sebuah url yang ditautkan kepada anda, baik melalui email, pesan teks/pesan singkat maupun tautan url pada sosial media anda, pastikan bahwa pada address bar browser anda, telah menunjukkan url yang sama. Mungkin disaat anda mengakses url facebook.com diatas, anda akan langsung sadar bahwa anda ternyata berada disitus yang salah, dengan alasan utama, di browser anda yang tampil adalah tampilan google.com dengan form keyword.

Akan tetapi hal tersebut tidak akan anda dapatkan saat anda menerima fake url pada sosial media, email, pesan teks/pesan singkat, akan tetapi anda akan mendapatkan tampilan website yang sama persis dengan tampilan website utamanya, tidak akan ada perbedaan dalam tampilan website tersebut, kecuali nama url di address bar pada browser yang anda gunakan. Tehnik ini merupakan sebuah tehnik XSS (Cross-site scripting).

Oke, sampai segitu saja dulu tulisan saya kali ini, semoga setiap orang membaca artikel ini dapat terhindar dari aktifitas pencurian personal information melalui sebuah serangan phising.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: