Home > My Review > E-Commerce, kemudahan dalam berbelanja kebutuhan anda

E-Commerce, kemudahan dalam berbelanja kebutuhan anda

memulai bisnis online (marketeers.com)

memulai bisnis online (marketeers.com)

E-commerce simplenya dapat diartikan adalah jualan online,terlepas bagaimana cara anda melakukannya, apakah dengan menggunakan website, social media, mobile phone. Dan tentunya kehadiran e-commerce adalah untuk menimbulkan sebuah efek kemudahan dalam berbelanja.Buat anda yang ingin memulai bisnis jualan online,pada intinya anda harus membuat kemudahan bagi pembeli anda, bukan sebuah kesulitan.

Pekerjaan bisnis online atau jualan online,kalau saya tidak salah dalam mengikuti perkembangan dunia teknologi informasi di Indonesia, adalah saat munculnya aplikasi blackberry messenger yaitu sekitaran tahun 2008, dengan cara komunikasi yang lebih mudah dan terhubung dengan social media yang sanget trend saat itu facebook,banyak orang mulai memanfaatkan bisnis kecil-kecilan dengan memasarkan produk yang dimiliki dengan mengupload photo produknya ke facebook.

Namun sebenarnya dunia bisnis online sudah ada sebelumnya namun kebanyakan sebelum tahun 2008 banyak seller (penjual) Indonesia yang terkena blacklist karena cukup banyak yang melakukan penipuan penjualan produk dengan membuat toko fiktif seperti di Alibaba.com dan di berbagai b2b marketplace. Sangat sering seller dari Indonesia di report karena si pembeli tidak kunjung mendapatkan barang yang di order.

Namun semenjak tahun 2008 aktifitas Indonesia di dunia bisnis online semakin tercerahkan karena semakin banyaknya seller yang terekomendasi oleh buyer, disamping mulai hadirnya beberapa situs jual beli iklan yang dikelola anak negeri sendiri seperti bhinneka.com, forum jual beli kaskus, berniaga.com , tokobagus.com yang sekarang berubah nama menjadi olx.co.id.

Setiap tahun bisnis online pun semakin menjamur di Indonesia, beberapa startup bisnis online menjamur untuk memberikan kemudahan bagi kita semua, mulai dari membeli tiket online seperti traveloka.com atapun tiket.com, semuanya menghadirkan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan tiket pesawat murah ataupun booking hotel, bahkan yang sangat marak dengan protes seperti aplikasi GoJek juga menghadirkan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan layanan ojek untuk bepergian dalam jarak pendek.

Kemunculan investor luar negeri juga semakin menambah marak bisnis online di Indonesia, dan munculnya beberapa incubator – incubator untuk melakukan mentoring kepada kawula tua dan muda dalam melakukan pengembangan bisnis online. Bahkan tidak kalah juga beberapa perusahaan besar di Indonesia sudah mulai melirik dunia e-commerce dengan menghadirkan beberapa situs jual beli seperti blibli.com yang merupakan produk pertama dari anak usaha PT.Djarum.

Namun maraknya e-commerce di Indonesia belum menutup peluang anda untuk membuka bisnis online anda, hanya dengan satu syarat saja jika anda ingin membuka bisnis online baik dengan menggunakan aplikasi website, media social, timbulkanlah kemudahan bagi para pembeli anda.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: