Home > My Review > Penipuan berkedok SMS menang undian, kemana unit CyberCrime Polri

Penipuan berkedok SMS menang undian, kemana unit CyberCrime Polri

Sampai saat ini,masih sering saya menemukan SMS yang mengatasnamakan provider selular seperti Telkomsel maupun Three bahwa nomor yang saya gunakan menang undian,biasanya sms ini akan mencantumkan nomor selular yang dapat dihubungi dan alamat website yang biasanya adalah blog gratisan seperti dari blogspot atau wordpress, bahkan dengan menggunakan nama domain umum (TLD) dan yang lainnya.Melihat situasi ini kemanakah unit Cyber Crime Kepolisian Republik Indonesia ?

Saya pernah beberapa kali membahas hal ini kepada anggota Polisi, dan mereka mengakui bahwa hal tersebut memang mereka sering mendapatkan pengaduan terkait adanya penipuan berkedok SMS ataupun hal lainnya yang memanfaatkan teknologi informasi. Apakah kasus seperti ini adalah kasus kecil sehingga tidak perlu di usut sampai habis, atau memang tidak perlu dipublikasikan.

Jika mengakses halaman website yang diberikan penipu, biasanya akan tertulis dengan lengkap nomor rekening tujuan untuk pembayaran klaim undian, dan juga nomor telepon selular dari si pihak penipu, dengan hal seperti ini seharusnya, pelaku kejahatan internet sudah sangat banyak di proses oleh pihak kepolisian dan dapat meminimalisir tindakan penipuan tersebut.

Saya pernah mencoba salah satu nomor personal yang diberikan pada sms yang saya dapatkan. Dengan sangat bagus penerima telepon menyapa dengan kata ” Selamat sore dengan 3Care ada yang bisa kami bantu” demikian juga dengan tujuan operator Telkomsel, penerima telepon memposisikan dirinya layaknya seorang customer service dari provider tersebut, dan saat di ajak berbicara dengan lembut melayani komunikasi dalam penjelasan SMS undian yang ditanyakan kepadanya.

Lebih lanjut lagi saya mencoba melakukan penelurusan/pencarian pada search engine google.com dengan kata kunci “undian telkomsel” dan “undian tri” ternyata website bodong atau penipu ini sangat banyak didapati, dan jika merujuk pada konten yang dimuat, ada kemungkinan bahwa pelaku sms penipuan ini merupakan sindikat penipuan tingkat tinggi, yang harus segera diproses lebih lanjut pihak operator selular khususnya Telkomsel dan Tri (karena saya menggunakan kedua operator ini) bersama pihak kepolisian.

Salah satu yang membuat hal ini menjadi menarik adalah, sepertinya pihak penipu ini sering mendapatkan korbannya dengan mudah, hal ini dapat dilihat hanya dengan mengandalkan 1 photo, memiliki 2 nama berbeda dan 2 posisi yang berbeda pada 2 operator selular berbeda.

penipuan berkedok SMS Undian Telkomsel dan Tri

penipuan berkedok SMS Undian Telkomsel dan Tri

penipuan berkedok SMS Undian Telkomsel dan Tri

penipuan berkedok SMS Undian Telkomsel dan Tri

Semoga saja penipuan berkedok SMS menang undian ini dapat segera di proses oleh pihak berwajib,dan pihak operator selular,dengan memiliki tim khusus seharusnya halaman website, nomor rekening yang tertera pada website dapat dilaporan dan ditutup, dan nomor selular yang tertara pada situs penipu dapat di blokir langsung oleh pihak operator selular.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: