Home > Software > Berkenalan dengan Microsoft Sharepoint

Berkenalan dengan Microsoft Sharepoint

Setelah menjadi job seeker 2 bulan terakhir ini, yang merupakan satu hal cukup rumit, beberapa job responsibility atau job description menjadi suatu hal bahan pertimbangan dalam mencari kerja, berbeda halnya dengan seorang fresh graduate yang dapat memilih dengan baik perusahaan tujuannya dalam pengembangan karir. Selama mencari kerja saya melihat adanya kebutuhan perusahaan akan aplikasi sharepoint. Apa itu sharepoint ? melalui tulisan ini saya ingin mencoba berkenalan dengan Microsoft sharepoint.

Sharepoint merupakan aplikasi sistim manajemen berkas berbasis web yang dikembang oleh Microsoft, beberapa aplikasi tradisional dapat tergabung ke dalam aplikasi sharepoint seperti intranet,berbagi dokumen, media sosial perusahaan, jika sebelumnya sharepoint digunakan perusahaan skala menengah ke atas, dengan kehadiran Office 365 penggunaan sharepoint saat ini cukup banyak digunakan oleh perusahaan kecil.

Dari sisi aplikasi memang saat ini saya belum pernah menggunakan secara langsung sharepoint tersebut, namun melihat dari sisi fungsi, aplikasi sharepoint ini tidak jauh beda dengan Office 365 atau Google Apps for business, dimana aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi untuk saling berbagi dokumen (shared document) sehingga memudahkan perusahaan-perusahaan dalam melakukan koordinasi divisi satu dengan yang divisi lainnya.

Dengan aplikasi sharepoint sebuah dokumen dapat dibaca atau dimodifikasi oleh orang lain sesuai dengan aturan yang telah ditentukan, hal ini tentunya akan cukup memudahkan dalam melakukan follow up / reporting work. Disamping itu dengan fitur social medianya, untuk melakukan meeting atau berdiskusi dapat berjalan lebih flexible dan tidak terbuka untuk umum.

Dengan maraknya teknologi cloud saat ini, penggunaan aplikasi sharepoint dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi penting yang harus dimiliki perusahaan-perusahaan yang ingin berkembang dan memudahkan pengeloaan manajemen dokumen ataupun hal lainnya yang didukung aplikasi sharepoint seperti wiki, blog dan lain sebagainya.

Untuk sharepoint sendiri memiliki dua produk yang dapat digunakan yaitu : Windows Sharepoint Server (WSS) dan Microsoft Office sharepoint server (MOSS) meskipun kedua produk ini biasa disebutkan dengan istilah sharepoint. Dan kedua produk ini tentunya memiliki perbedaan. Jika WSS merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara bebas pada Windows server, maka MOSS merupakan aplikasi yang biaya cukup mahal dimana MOSS merupakan komponen pada Microsoft Office.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: