Home > My Review > Pohon ketapang sumber insipirasi Co Working Space

Pohon ketapang sumber insipirasi Co Working Space

Co Working Space (sumber:decoracao.com)

Co Working Space (sumber:decoracao.com)

Beberapa anekdot dalam kemajuan teknologi informasi pernah tersebar seperti, mending kerja dirumah aja menjadi bos sendiri tidak menjadi pekerja untuk orang lain, atau ada juga iklan yang tersebar di majalah,koran dan internet ingin penghasilan tambahan ? cukup bekerja dari rumah hanya 1-2 jam anda mendapat USD dan banyak lagi anekdot atau slogan-slogan yang dimunculkan untuk memulai bisnis kecil-kecilan dari rumah.

Hal seperti diatas mulai muncul sejak banyaknya para blogger monitiez yang berhasil melakukan klaim atas iklan-iklan yang muncul pada website atau blognya setelah didaftarkan pada layanan google adsense. Para blogger di negeri ini mulai mencari peluang dari setiap topik-topik berita yang hot sehingga website atau blog yang dikelolanya selalu mendapatkan rating yang bagus.

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju, inovasi dalam industri kreatif hadir setiap saat, banyak hal yang harus semakin dikerjakan dan juga semakin banyak teknologi yang harus dimanfaatkan. Dan industri kreatif bagi negara berkembang seperti negara kita Indonesia tercinta ini sangatlah penting untuk mendongkrak perekonomian bangsa, dan menjadikan negara kita menjadi negara maju. Jika hanya bekerja di rumah saja maka industri kreatif yang telah dimulai akan pudar dengan sendirinya, untuk itu kita butuh bertemu dengan para sesama penggerak inovasi industri kreatif.

Salah satu dimana kita dapat bertemu dengan para penggiat industri kreatif atau dapat juga kita katakan sebagai pengusaha startup tentunya pada workout atau working space atau co working space. Haa… Apa itu Working Space ??? Working Space  menurut hemat saya adalah sebuah tempat yang cukup luas yang di sewakan bagi para beberapa pemula bisnis atau freelancer yang tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas kantor seperti printer, scanner, koneksi internet dan tentunya daya listrik untuk membuat notebook/laptop tetap memiliki daya.

Diawal membuka bisnis tentunya perlu memiliki kantor sehingga anda memiliki alamat tetap dimana tempat anda melakukan operasional bisnis anda,namun hal tersebut memiliki modal yang cukup besar, dengan menggunakan co working space anda dapat menghemat biaya awal bisnis, karena biasanya anda dapat menggunakan lokasi co working space yang anda gunakan sebagai alamat kantor anda.

Konsep co working space tentunya berbeda jika anda nongkrong di tempat-tempat umum seperti cafe, jika di satu cafe anda berdiam diri dengan sebotol coffe maka akan banyak mata pelayan yang tertuju kepada anda, belum lagi daya laptop anda habis, dan anda tidak menemukan sumber daya pada cafe tersebut. Kebebasan dalam berinteraksi juga akan sangat kurang karena tidak cocok dijadikan sebagai lokasi meeting dengan rekan-rekan anda.

Pada co working space biasanya akan tersedia fasilitas ruang meeting atau semacam private office sehingga lokasi seperti ini cukup penting bagi anda dalam memulai bisnis anda, dan jika dicafe mungkin konsentrasi anda juga dapat buyar dengan banyaknya orang lalu lalang silih berganti datang dan pergi, belum lagi anda melihat sepasang pemuda sedang bermesra-mesraan, yang dapat membuat anda cepat merasa jenuh.

Namun pada co working space yang akan anda temukan adalah mereka yang juga sedang memulai bisnis mereka atau pada freelance IT yang kemungkinan besar dapat menjadi teman sharing anda  atau pihak yang dapat menimbulkan inovasi baru bagi bisnis anda, sehingga anda tidak akan mendapatkan rasa jenuh namun yang anda dapatkan adalah semangat penuh dalam memulai bisnis anda.

Namun sayangnya untuk co working space ini masih sangat minim di negara Indonesia tercinta ini, bahkan dalam scope kecil sajapun seperti di daerah Jakarta lokasi co working space masih sangat sedikit, pun demikian di Bandung dan di Medan. Yang tentunya juga dapat kita lihat bahwa industri kreatif saat ini perkembangannya sangat lambat di negara kita Indonesia tercinta ini.

Semoga saja dalam waktu dekat ini saya bersama teman saya yang beberapa saat lalu duduk dibawah pohon ketapang menikmati angin semilir-semilir untuk mendapatkan kenyamanan dari teriknya panas matahari dapat membuka sebuah co working space untuk megumpulkan beberapa inovator industri kreatif dan dapat saling berkolaborasi dalam memulai bisnis atau usaha mereka.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: