Home > Internet > Tutorial cPanel 3 : Mail

Tutorial cPanel 3 : Mail

Helly guys, Tutorial cPanel 3 kali ini akan membahas group menu Mail. Tentunya dengan memiliki nama domain dan hosting anda ingin menggunakan email dengan nama domain anda sendiri bukan ? Menggunakan alamat email dengan nama domain sendiri @yourdomain.com akan memiliki nilai khusus bagi relasi anda terutama yang bergerak dalam bidang bisnis online.

Group Mail cPanel Menu

Group Mail cPanel Menu

Jika anda telah memiliki akun hosting dengan menggunakan cPanel untuk membuat email dengan nama domain anda @yourdomain.com, silahkan login ke dalam cPanel anda kemudian mengakses Group Menu Mail seperti yang ditampilkan gambar diatas.

Email Accounts

Menu ini akan menampilkan seluruh list akun email yang pernah anda buat pada hosting anda, atau berfungsi untuk membuat akun email baru anda. Dalam pembuatan email account anda akan dimintakan mengisi quota disk untuk akun email anda,tidak perlu khawatir quota disk ini tidak otomatis terhitung ke dalam penggunaan disk space anda, namun akan terhitung secara kontiniu sesuai dengan mailbox yang anda miliki.

Webmail

Secara default untuk pengaksesan email berbasis web jika menggunakan cPanel dapat mengakses : namadomainanda/webmail atau namadomainanda:2095. Pengakses webmail melalui menu Webmail pada Group Menu Mail cPanel hanya diperuntukkan untuk default akun mail, yaitu akun email dengan username cPanel akun hosting anda.

Apache SpamAssassin

Apache SpamAssassin merupakan sebuah mail filter untuk melakukan identifikasi email spam, tentunya dengan memiliki alamat email @yourdomain.com anda tidak menginginkan email spam yang notabene email yang tidak anda butuhkan. Untuk itu anda perlu mengaktifkan SpamAssassin pada akun hosting anda.

Forwarders

Jika anda memiliki Group Divisi email anda akan lebih mudah dalam melakukan organisasi email-email akun anda,sehingga anda cukup menginformasikan 1 akun email saja, dan selanjutnya akun email tersebut akan meneruskan email-email masuk ke masing-masing akun email pada divisi anda.

MX Entry

Mail Entry berfungsi dalam melakukan routing email anda, mungkin anda ingin memisahkan layanan webhosting anda dengan email,biasanya hal ini adalah untuk memiliki mail server yang lebih reliable, mungkin anda ingin menggunakan email dengan layanan Google Apps atau memiliki mail server,untuk melakukan pengaturan routing email anda, anda dapat menggunakan menu MX Entry.

Pastikan pula untuk melakukan pemilihan Mail Exchanger anda pasca perubahan MX record untuk akun email anda, sehingga layanan email anda tidak terhambat.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: