Home > Internet > Tutorial cPanel 1 : Pengenalan cPanel shared hosting

Tutorial cPanel 1 : Pengenalan cPanel shared hosting

Dua tulisan saya sebelumnya tentang hosting dapat dibaca pada link url ini dan ini. Pada kedua artikel tersebut saya memaparkan bagaimana cara untuk memilih layanan webhosting untuk aplikasi website anda dan juga penjelasan apa itu shared hosting, Virtual Hosting, Dedicated Server dan Collocation Server.

Lama tidak menulis dan mengisi blog ini membuat saya iseng-iseng menulisa tutorial cPanel yang sebenarnya sudah sangat banyak anda baca, dan sebenarnya masih banyak orang-orang yang menganggap bahwa saat ini hosting yang digunakannya menggunakan cPanel, karena sudah terpatri bahwa yang disebut cPanel adalah control panel, dalam layanan hosting control panel dan cPanel adalah berbeda, dimana cPanel adalah aplikasi/software yang berfungsi sebagai control panel. Sehingga banyak pihak saat ditanya menggunakan cPanel jawabannya adalah Ya, namun pada kenyataannya tidak.

Salah satu contohnya adalah layanan hosting pada masterweb.com, pada jasa layanan hosting tersebut saat ini masih ada menggunakan sPanel sebagai control panel yang digunakan, dan juga menggunakan cPanel,namun beberapa pengguna jasa hosting masterweb sangat sering mengatakan bahwa mereka menggunakan cPanel karena yang dimaksudkan ada control panel padahal mereka menggunakan sPanel. Satu-satunya hosting yang mengunakan sPanel adalah masterweb.com karena aplikasi tersebut merupakan pengembangan dari pemilik masterweb yang kepanjangannya adalah Steven Panel.

Pun demikian dengan para pengguna jasa layanan hosting gratisan khususnya idhostinger.com juga sering mengatakan bahwa mereka menggunakan cPanel, padahal hingga saat ini idhostinger.com tidak menggunakan cPanel, dan sebagai hosting gratisan tentunya mereka tidak akan mau rugi untuk membayar licensi untuk WHM/cPanel mereka.

Mungkin jika anda pengguna  jasa penyedia layanan hosting seperti masterweb.com atau pengguna jasa hosting gratisan seperti idhostinger.com dan yang lainnya pernah mendapatkan pertanyaan terkait control panel yang digunakan pada hosting anda oleh penyedia layanan hosting baru yang anda tuju. Mengapa hal tersebut terjadi ?

Karena tentunya salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan migrasi data anda ke server tujuan, terlebih jika data anda cukup besar atau diatas 1GB. Jika menggunakan sesama cPanel maka proses migrasi data cukup cepat dengan melakukan script restore disisi server, namun beda halnya jika anda menggunakan sPanel atau yang lainnya, maka proses restore akan berjalan berbeda yaitu dengan melakukan create user cPanel anda terlebih dahulu pada sisi server, lalu melakukan restore file-file website anda , dan dilanjutkan dengan proses restore email, database anda.

Itulah sebabnya pentingnya memahami untuk control panel yang digunakan, sebagai aplikasi paling banyak digunakan, tentunya saya menyarankan anda untuk menggunakan layanan hosting yang menggunakan cPanel. Pastikan bahwa saat mengakses url : http://namadomainanda:2082 atau http://namadomainanda/cpanel akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Tampilan login cPanel

Tampilan login cPanel

Mudah-mudahan untuk artikel pengenalan cPanel ini dapat bermanfaat untuk pada pengunjung Sulaiman Marbun Blog’s.

  1. No comments yet.
  1. September 8, 2015 at 3:10 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: