Home > Internet > Aplikasi Mail Server : POP3 vs IMAP

Aplikasi Mail Server : POP3 vs IMAP

Aplikasi Mail server:POP3 vs IMAP

Aplikasi Mail server:POP3 vs IMAP (image by darktips.com)

Di dunia teknologi yang semakin pesat saat ini, tentunya kita tidak akan pernah berpikir untuk berhenti bagaimana untuk mengikuti perkembangan yang terjadi, khususnya bagi anda yang selalu beraktifitas rutin dengan email. Sebagian besar diantara kita tentunya  selalu berpikir bagaimana cara simple dalam bekerja, seperti microwave yang begitu cepat memanaskan makanan.

Bagi anda yang selalu beraktifitas rutin dengan email tentunya ingin mengharapkan bagaimana agar anda tidak perlu berada di depan computer/notebook untuk dapat membaca email anda, terlebih saat ini hampir 98% perangkat atau gadget dapat melakukan hal tersebut. Namun bagaimana semua hal tersebut dapat terjadi?

Email akan dikirimkan dari antar dua server yaitu server pengirim dan penerima,kemudian akan masuk kedalam kotak masuk (inbox) anda, dalam hal ini ada dua proses yang berjalan, yaitu : POP3 (Post Office Protocol version 3) dan IMAP (Internet Messaging Access Protocol), mungkin diantara anda sudah pernah mendengar istilah tersebut,dan juga telah mempraktekannya pada perangkat PC/Noteboot atau gadget yang anda miliki, dan bagaimana kedua proses tersebut berjalan?

POP3

POP3 adalah proses dimana anda melakukan download atau unduh file mail anda dari sisi server ke dalam perangkat yang anda gunakan, hal ini nantinya akan menghapus email-email anda dari dalam server dan akan tersimpan pada PC/noteboot atau gadget yang digunakan.

Tentunya opsi ini sangat bagus bagi anda pengguna jasa layanan shared hosting yang dimana disk space akun hosting anda tidak akan terhitung pada email, dan anda akan lebih irit dalam penggunaan disk space akun hosting anda.

Yang menjadi kelemahan dari penggunaan POP3 adalah, anda tidak dapat menjalankan dengan multiple atau beberapa perangkat.

IMAP

Kebalikan dari POP3 adalah IMAP, anda akan membutuhkan space yang lebih besar dari layanan hosting/mail server yang digunakan, karena meskipun email telah anda baca melalui perangkat PC/Notebook atau gadget anda, email akan tetap berada di server dalam artian protokol IMAP hanya melakuan sinkronisasi antara server dan perangkat anda.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: