Home > Linux > Linux RunLevel

Linux RunLevel

Linux runlevel (sumber:paulpaulito.com)

Linux runlevel (sumber:paulpaulito.com)

Hello guys, kembali lagi menulis dengan tulisan yang tidak begitu penting dan sebenarnya sudah banyak diposting pada blog lain, namun demi melengkapi jatah tulisan pada blog saya dan juga agar ada dokumentasi yang dapat saya gunakan, kali ini saya akan membahas Runlevel pada sistem operasi Linux.

Apa itu RunLevels ? RunLevel merupakan suatu ketetapan atau metode dalam pengoperasin pada sistem operasi berbasis linux, sebuah sistem operasi linux dapat berjalan pada runlevel yang ditentukan, dimana untuk runlevel masing-masing diwakiliki dengan angkat bulat antara 0-6.Ada tujuh Runlevel pada sistem operasi Linux  yaitu yang diwakili dengan bilangan bulat antar 0-6 tersebut, apa saja Runlevel pada linux :

  • Level 0 (nol) => System Halt, dimana sistem tidak ada service yang sedang berjalan, atau sistem dapat dimatikan (power off)
  • Level 1 (satu) => Single User, level ini jarang digunakan, atau digunakan pada hal-hal tertentu saja. Contohnya tidak dapat mengakses /lupa dengan password root
  • Level 2 (dua) => Beberapa distro tidak menggunakannya seperti Centos, namun pada Distro Ubuntu atau Debian digunakan sebagai level multi user
  • Level 3 (tiga) => Level yang sangat lazim (sering) digunakan, dapat digunakan multi user dan penggunaannya full command line (CLI)
  • Level 4 (empat) => sama halnya seperti level 2
  • Level 5 (lima) => level yang biasa digunakan untuk pengguna dekstop (GUI)
  • Level 6 (enam) => sistem reboot

Secara default sistem operasi Linux berjalan pada Level 3 dan level 5. Pada level 3 sistem memungkinkan untuk menjalankan seluruh service (daemons) kecuali service GUI. Dan untuk level 5 seluruh service berjalan dan juga untuk GUI.

Untuk mengetahui level dimana anda sedang bekerja pada sistem operasi linux dapat menggunakan command line :

who – r

Dan untuk berganti/berpindah level saat menjalankan sistem dapat menggunakan command line :

init (number level)

Anda juga dapat mengubah urutan level yang ingin digunakan, dalam artian anda dapat mengubah level tersebut sesuai dengan keinginan anda, dengan mengubah file : /etc/inittab

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: