Home > Internet, Tips dan Trik, Tips Komputer, Wordpress > Two Step Authentication Login blog WordPress.com

Two Step Authentication Login blog WordPress.com

Hello akhirnya kembali lagi menulis di blog ini, mengingat beberapa waktu lalu saat login ke dalam dashboard blog wordpress.com saya melihat jika saat ini, blog wordpress.com telah meningkatkan security/keamanan dari user penggunakan wordpress.com dengan aktifnya fitur login authentication. Fitur ini ada 2 jenis yaitu : dengan Google Authenticator App pada perangkat smartphone android, iphone, dan blackberry, kemudian dengan fitur autentikasi lewat sms.

wordpress security authentication

wordpress security authentication

Tentunya dengan adanya security authentication ini akan membuat lebih aman akun blog wordpress.com yang kita miliki, untuk saat ini fitur tersebut memang belum saya terapkan, namun dengan kemampuan bahasa inggris yang terbatas, ada kesimpulan yang saya dapatkan yakni disaat melakukan login ke dalam dashboard blog wordpress.com kita harus mengisi kode authentication yang dikirimkan melalui Google Authenticator App atau melalui SMS. Ok, sekarang kita akan membahas bagaimana langkah-langkah untuk melakukan aktifasi authentikasi login pada blog wordpress.com, untuk saat ini yang akan saya bahas adalah untuk cara kedua yaitu dengan menggunakan authentikasi SMS.

Langkah pertama tentunya adalah anda harus login terlebih dahulu pada wordpress.com silahkan masukkan username dan password untuk akun blog wordpress.com yang anda miliki.

konfigurasi setting wordpress.com

konfigurasi setting wordpress.com

Silahkan dilihat pada gambar diatas, silahkan masuk ke dalam bagian setting, kemudian nantinya anda akan mendapati menu Security.

konfigurasi setting securtiy wordpress.com

konfigurasi setting securtiy wordpress.com

Pada kolom mobile phone country, pilihlah sesuai dengan negara anda, kemudian masukkan nomor handphone yang akan anda gunakan.

konfigurasi security wordpress.com dengan sms

konfigurasi security wordpress.com dengan sms

Perhatikan link yang ditunjukkan pada tanda panah dalam gambar diatas, kemudian klik pada link tersebut, lalu pada halaman berikutnya silahkan melakukan klik pada send SMS.

Konfigurasi security wordpress.com

Konfigurasi security wordpress.com

Setelah itu, silahkan menunggu beberapa saat maka anda akan mendapatkan kode verifikasi untuk konfigurasi yang akan diterapkan, dan silahkan masukkan kode yang anda terima, kemudian klik pada verify code.

Selanjutnya anda akan mendapatkan beberapa backup code, backup code ini diperlukan apabila handphone/smartphone anda hilang atau dicuri. Dan perlu diingat kehilangan backup code, handphone/smartphone artinya anda akan kehilangan account anda.

Setelah backup code anda simpan atau print screen, silahkan melanjutkan langkah berikutnya dengan melakukan klik pada next step.

Kemudian anda akan dimintakan untuk memasukkan satu backup code yang anda dapatkan sebelumnya, dan pada kolom berikutnya diisi dengan kata “printed”

securitywpsetpri

Kemudian silahkan melanjutkan langkah berikutnya dengan melakukan klik pada next step. Congratulations, your account is now configured to use Two Step Authentication! akan muncul pada halaman berikutnya.

Kemudian untuk mencoba authentikasi tersebut. Silahkan log out terlebih dahulu melalui akun wordpress.com anda. Kemudian login kembali.

Selamat mencoba.

Sulaiman Ricardo Marbun

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: