Home > CMS, Internet, Joomla, Tips dan Trik > Install Joomla 3 secara Manual pada cPanel akun hosting

Install Joomla 3 secara Manual pada cPanel akun hosting

Hola Nu Enva guys, kembali lagi menulis di blog Sulaiman Marbun Blog’s kali ini dengan bahasan yang sebenarnya tidak begitu menarik yaitu Install Joomla 3 secara Manual pada cPanel akun hosting, kalau saya pribadi lebih menyarankan untuk melakukan installasi Joomla 3 secara manual, bukan dengan menggunakan aplikasi auto installer seperti fantastico atau softacolus yang disediakan pihak jasa hosting.

Sebelum saya membahas langkah-langkah untuk instalasi joomla pada akun hosting yang anda miliki, saya akan membahas apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan CMS Joomla, yang antara lain sebagai berikut : 

1.  PHP

versi : 5.4.x minimun dengan versi 5.3.1

 Magic Quotes GPC dalam kondisi OFF

2. Database

MySql support dengan InnoDB : versi  5.1 +

MSSQL (untuk server windows ) : versi 10.50.1600 +

PostGreSql : versi 8.3.18

3. Web Server

Apache WebServer versi : 2.x.

Nginx versi  1.1 minimum dengan versi 1.0

Microsoft IIS  versi 7

Okay guys, sekarang kita mulai dengan langkah-langkah untuk melakukan instalasi Joomla 3.0 secara manual pada akun hosting yang anda miliki.

1. Download terlebih dahulu file aplikasi website joomla disini

2. Besaran file tersebut sekitar 10MB, extract file tersebut di PC anda, kemudian anda dapat melakukan upload file dengan menggunakan aplikasi FTP seperti FileZilla.

3. Uploadlah file Joomla 3 tersebut sesuai dengan document root yang anda inginkan, atau secara default anda dapat me upload file tersebut di folder public_html

4. Setelah upload file selesai semua, silahkan akses website anda, dan di browser anda akan muncul Joomla Web Installer.

Pre Instalation Joomla 3

Pre Instalation Joomla 3

Dari gambar diatas, dapat kita lihat bahwa untuk Magiq Quotes GPC OFF dalam kondisi NO, yang artinya untuk Magic Quotes GPC dalam kondisi ENABLE. Sehingga dibutuhkan pengaturan untuk php.ini agar fungsi tersebut Disable. Jika anda tidak dapat membuat php.ini secara sendiri di akun hosting anda, anda dapat menanyakan hal tersebut kepada pihak tempat anda me hosting domain anda.

Dalam kasus ini, saya memiliki akun hosting di Ardhosting.com , yang memungkin kliennya memiliki file php.ini sendiri, dengan membuat file php.ini di folder yang membutuhkannya. Jadi anda cukup menambahkan 1 buah file dengan nama php.ini pada folder Installation dan folder Administrator, silahkan isikan command berikut pada file tersebut : magic_quotes_gpc = off

Setelah itu, silahkan klikpada Check Again di sisi kiri atas tampilan Pre Installation Joomla 3. Maka secara otomatis anda akan diarahkan ke dalam halaman installation Joomla 3.

Joomla Page Installation

Joomla Page Installation

5. Isilah details untuk website yang akan anda gunakan :

a. site name

b. description

c. admin email

d. admin username

e. admin password

f. confirm admin password (isikan dengan passoword pada bagian e)

g. Site Offline, secara default adalah NO

6. Kemudian silahkan klik pada kolom Next, dan anda akan dibawa ke halaman untuk pengaturan database dari website anda.

Joomla Installation Configurasi Database

Joomla Installation Configurasi Database

Silahkanlah mengisi details untuk konfigurasi database yang akan anda gunakan, database type, hostname, username, password, database name.

7. Setelah anda isikan, kemudian lakukanlah klik pada tombol Next. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman untuk pengecekan kembali untuk konfigurasi yang dimiliki.

Joomla Overview Configuration

Joomla Overview Configuration

Saya lebih menyarankan untuk memiliki Install Sample Data, mungkin anda dapat memilih opsi lain, selain dari opsi NONE. Selanjutnya, silahkan melakukan klik pada tomblo Install.

Joomla Proses Installation

Joomla Proses Installation

Silahkan menunggu beberapa saat, untuk dilakukan instalasi untuk Joomla 3 pada akun hosting yang anda miliki. Setalahnya akan dikonfirmasi bahwa Joomla telah sukses di install, kemudian langkah selanjutnya adalah, silahkan menghapus folder Installation pada akun hosting anda, atau anda dapat melakukannya dengan menekan ” Remove Installation Folder”

joomla Finish Installation - Remove Installation Folder

joomla Finish Installation – Remove Installation Folder

Selanjutnya anda dapat mengakses halaman website anda, dengan mengakses nama domain anda pada browser anda, atau mengakses ke dalam halaman administrator joomla anda.

Selamat mencoba

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: