Home > Internet > Layanan Web Hosting

Layanan Web Hosting

best-web-hostingHello, sepertinya saya kurang imajinatif yah membuat tulisan. Selalu menghadirkan tulisan-tulisan yang telah banyak dibahas di blog maupun website-website lain. Setelah membahas apa itu domain ? dan bagaimana siklus hidup (life cycle) sebuah domain, kali ini saya angkat menulis tentang Layanan Web Hosting, sebenarnya apasih itu layanan web hosting ?

Layanan web hosting merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan/ memberikan space dari server yang mereka miliki untuk disewa individu atau perusahaan, sehingga website mereka dapat online atau diakses di Internet. Perusahaan yang bergerak di bidang layanan webhosting dalam negeri seperti Ardhosting, IdColo, IndoDisain, MasterWeb dan lain sebagainya.

Untuk layanan web hosting sendiri, biasanya akan di bedakan dengan beberapa jenis, adapun jenis-jenis dari layanan web hosting adalah sebagai berikut :

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting berbagi, dimana di dalam 1 server akan terdapat beberapa akun atau domain. Untuk layanan shared hosting ini biasanya digunakan bagi para pemula, dimana untuk blog/website baru tidak begitu memiliki traffic yang tinggi. Setiap web hosting biasanya akan memberikan rule/ Term Of Service bagi pengguna jasa layanan Shared hosting, biasanya TOS yang paling ditekankan yakni penggunaan dari resource server.

Apabila dalam 1 server telah memiliki traffic yang tinggi, biasanya akan menggunakan resource server yang berlebih yang membuat server tersebut mengalami load, sehingga mau tidak mau akun / website anda akan di suspend dan disarankann menggunakan layanan VPS.

2. Virtual Private Server (VPS)

Jika sudah memiliki traffic tinggi dan menggunakan resource server yang berlebihan, mau tidak mau harus menggunakan layanan VPS. VPS atau dikenal juga sebagai Virtual Dedicated Server adalah membagi membagi-bagi satu server menjadi beberapa virtual machine dan terpisah, dimana masing-masing virtual machine tersebut mampu menjalankan sendiri service, mempunyai operating sistem sendiri, dapat melakukan instalasi macam-macam, dan lain-lain.

Dengan memiliki VPS anda juga dapat menambah memory yang anda butuhkan, pengaturan-pengaturan untuk kestabilan server bisa anda lakukan sendiri, atau lebih mudah memahaminya VPS ibaratnya kita telah memiliki server tersendiri. Namun dalam memilih VPS anda harus jeli dalam melihat spesifikasi server yang digunakan, sehingga nantinya bisa lebih anda manfaatkan.

3. Dedicated Server

Dedicated Server pada intinya, kita menyewa server dari pihak layanan web hosting tersebut. Dengan berbagai spesifikasi akan di tawarkan dan kita akan melihat budget serta kebutuhan server yang kita inginkan.

4. Colocation Server

adalah dimana kita membawa server secara fisik, untuk di tempatkan di data center pemilik web hosting. Untuk itu kita perlu mengetahui seberapa besar bandwith yang dimiliki si web hosting tersebut demi kelancaran dan kenyamanan saat mengakses server.

  1. June 27, 2013 at 10:49 pm

    Heya i’m for the primary time here. I found this board and I in finding It truly useful & it helped me out much. I am hoping to give something back and aid others such as you aided me.

    Like

  2. July 2, 2013 at 12:27 am

    The next important consideration if you are going with discount web hosting is how many other people are sharing the same server as you are.
    Companies are transforming themselves through cloud trends and enjoying cost savings and
    gaining flexibility and efficiency at the same time.
    There are different features from different hosting
    companies that offer different prices.

    Like

  3. July 2, 2013 at 7:19 pm

    Greeting Entri informasi berguna yang baik untuk saya jadikan panduan. Beberapa bahagian dari artikel ini membuatkan saya teringat kata-kata bijak pandai Anak-anak harus diajarkan bagaimana cara berpikir, bukan apa yang harus dipikir. Trimas on behalf of Hootoh Blog Freedom and Wassalam

    Like

  4. October 28, 2015 at 6:41 am

    Artikel yg bermanfaat terkait web host dan online shop ini luar biasa bagus.
    Luar biasa banget dan penting diketahui sekali. Tiap orang yg pakai atau tengah mencari
    layanan web host murah di Indonesia & toko online wajib baca
    ulasan ini. Monggo mampir juga website gw ya
    sis, banyak tulisan keren yg bisa jadi bermanfaat buat siapa aja
    pemakai service hosting. Makasih.

    Like

  5. November 16, 2015 at 7:12 pm

    Keren banget bro, makasih sharingnya. Ini review yang saya
    cari sejak lama. Info tentang web hosting yang seru banget.
    Kalau boleh buat juga sist artikel menegani hosting murah dan olshop.

    Saya pengen tau banget masalah itu.

    Like

  6. November 17, 2015 at 12:58 am

    Tulisan yg keren soal web hosting, domain & olshop
    ini luar biasa bagus. Luar biasa sekali & penting diketahui banget.
    Siapa saja yg make ataupun sedang mencari service hosting murah
    di Indonesia & toko online wajib baca ulasan ini.
    Silakan kunjungi juga situs saya ya min, banyak tulisan bagus yg bisa jadi berguna buat para pengguna layanan web
    hosting. Wass.

    Like

  1. September 5, 2015 at 3:01 am
  2. November 29, 2015 at 1:17 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: