Home > Internet > Apa itu Nama Domain atau Domain Name ?

Apa itu Nama Domain atau Domain Name ?

Huuuiiii, Sulaiman Marbun Blog’s akhirnya memberikan tulisan lagi, meski juga tulisan kali ini sebenarnya sudah sangat banyak di bahas sebelum-sebelumnya. Kali ini Sulaiman Marbun Blog’s akan menulis tentang Apa itu Nama Domain atau Domain Name ? .

Nama Domain atau Domain Name merupakan sebuah nama unik yang diberikan untuk mengakses sebuah server, seperti Web Server atau Mail Server. Dengan adanya penamaan seperti ini maka kita tidak perlu lagi menghapal sederetan angka atau IP (Internet Protocol) untuk mengakses sebuah server. Salah satu contoh dari nama domain, saya ambilkan contohnya google.com atau wordpress.org kebetulan nama domain ini sangat popular.

Disaat anda mengakses sebuah nama domain seperti google.com atau wordpress.org mungkin juga nama domain lainnya, sebenarnya yang anda lakukan adalah mengakses sebuah server, dimana yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah Web Server. Web Server adalah dapat merujuk kepada sebuah perangkat keras atau perangkat lunak yang meladeni komunikasi data dengan menggunakan protokol HTTP atau HTTPS, dimana untuk mengakses web server kita dapat menggunakan Web Browser seperti Mozilla atau Google Chrome.

Sebelum adanya Domain Name System (DNS) atau sistem penamaan domain, untuk mengakses sebuah server kita harus mengetahui IP dari server tersebut, dan tentunya hal ini sangat susah untuk diingat, melihat banyaknya saat ini layanan web server atau situs yang perlu kita kunjungi. Boleh anda bayangkan anda harus mengingat sederetan angka seperti 119.110.118.112 , 66.155.40.250 , deretan angka tersebut dapat anda ketikkan di browser untuk mengakses google.com dan wordpress.org.

Dari mana kita dapat mengetahui IP dari nama domain yang kita akses ? cukup mudah , kita cukup melakukan perintah ping diikuti nama domain yang ingin kita cari tahu IP nya.

Bagi pengguna windows, anda cukup membuka command promp atau istilah biasanya disebut CMD :

sulepress

Namun tidak selamanya disaat anda mengakses sebuah IP hasil ping dari nama domain, akan mengarah ke halaman dari website tersebut, mungkin anda akan dihadapkan dengan tampilan dari error cgi default, hal ini memungkin bahwa domain tersebut menggunakan Server secara bersamaan dengan domain-domain yang lainnya, atau yang lebih di kenal dengan sebutan menggunakan shared hosting.

Semoga Bermanfaat.

  1. June 14, 2013 at 5:11 pm

    Menambahkan satu lagi langkah mudah yang bisa digunakan untuk memeriksa alamat server nih, bang. Pakai perintah nslookup<spasi>namadomain.

    Contoh:

    nslookup google.com
    

    Like

  1. June 21, 2013 at 11:40 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: