Home > Tips dan Trik, Tips Komputer > Alternatif Task Manager Dengan TaskList Pada Command Prompt (CMD)

Alternatif Task Manager Dengan TaskList Pada Command Prompt (CMD)

Hello guys, jumpa lagi nih dengan tulisan yang masuk ke dalam kategori tips dan trik komputer, setelah sebelumnya membahas tentang monitoring beberapa PC or Server dengan KVM, sekarang kita akan bahas tentang salah satu service pada OS Windows yakni task manager.

Sering kali kita menemukan task manager yang terkena disable atau di non-aktifkan, bisa saja karena terserang virus, jika komputer tersebut digunakan secara umum seperti pc warnet atau pc laboratorium, kebanyakan teknisinya akan melakukan disable/nonaktif untuk service task manager. Nah bagaimana cara yang lain untuk kita gunakan ? 

Salah satu cara alternatif yang bisa kita gunakan tentunya, dengan memanfaatkan command prompt atau yang sering di kenal dengan cmd atau layar hitam. Command Prompt or CMD dapat kita panggil lewat menu run pada Start Menu Windows.

tampilancmd

 

 

Kira-kira tampilan Command Prompt atau CMD itu biasanya seperti gambar diatas. CMD ini sebenarnya banyak fungsinya, namun sangat jarang digunakan para user. Bagaimana untuk menampilkan apa saja service atau aplikasi yang sedang kita gunakan ? cukup dengan perintah tasklist maka semua service atau aplikasi yang kita gunakan akan ditampilkan.

tasklistcmd

 

Kira-kira akan ada tampilan seperti image/gambar diatas jika kita mengetikkan perintah tasklist, dari beberapa kolom yang ada yang perlu kita perhatikan adalah kolom PID.

Sebagai contoh seperti yang ditampilkan gambar diatas, ada aplikasi Firefox yang sedang berjalan dengan PID 2520, nah untuk menghentikan paksa aplikasi ini seperti layaknya menggunakan task manager, kita cukup mengetikkan perintak tskill kemudian kode PID.

Dalam contoh ini maka kita perlu mengetikkan perintah tskill 2520, begitu perintah ini dieksekusi atau kita menekan enter maka aplikasi Firefox akan tertutup secara langsung.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: