Home > Ilmu Komputer, Linux > Pengenalan Linux

Pengenalan Linux

Apa Itu Linux ?

Tak Kenal Maka Tak Sayang, demikian bunyi salah satu pepatah yang sering kita dengar terutama di saat perjumpaan pertama, agar lebih dekat atau akrab kita akan saling mengenalkan diri. Agar kita akrab dengan namanya Linux maka kita juga terlebih dahulu harus mengenalnya :

Definisi Linux

Linux adalah sebuah sistem operasi (seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak) layaknya seperti Windows atau Mac OS.

Yang membedakannya dari kedua Sistem Operasi tersebut adalah Linux itu Open Source, artinya setiap orang bisa saja menggunakannya bahkan untuk melalukan modifikasi, serta mendistribusikannya secara bebas.

Sejarah Awal Lahirnya Linux

Linux awalnya dibuat seorang mahasiswa asal Finlandia yaitu Linus Benedict Torvalds (28 Desember 1969), lebih tepatnya bisa kita sebut sebagai perintis pengembangan kernel linux.

Diawali dari proyek MULTICS (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan oleh American Telephone & Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Massachusett Institute of Technology (MIT).

MULTICS ini dirancang untuk dapat bekerja 24 jam sehari, dan 365 hari per tahun tanpa henti, namun proyek ini dihentikan akibat dari molornya waktu pembuatannya.

Beberapa periset yang tergabung dalam proyek MULTICS seperti Ken Thompson, DennisRitchie kemudian secara diam-diam melanjutkan proyek tersebut yang kemudian mereka beri dengan nama UNIX dan beberapa periset lainnya ikut menambahkan tool-tool kecil untuk UNIX tersebut.

Tahun 1973, UNIX ditulis ulang oleh Ken Thompson menggunakan bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Dennis Ritchie, Bahasa C. Bahasa C di rancang agar mudah untuk di pindahkan (portable) dari satu komputer ke komputer lain.

Seorang pengembang UNIX yaitu Andy Tanembaum pada tahun 1987 merilis sebuah sistem bertipe UNIX yang diperuntukkan untuk penggunaan pendidikan dan pengajaran. Dimana Kode sumber MINIX 1.0 tercantum dalam bukunya Operating Systems: Design and Implementation.

Meski kode sumber dari Minix sangat mudah didapatkan , namun untuk melakukan modifikasi dan pendistribusiannya saat itu tidak diperbolehkan dan disain versi 16-bit dari MINIX kemudian tidak secara baik diadaptasikan kepada versi 32-bit dari arsitektur Intel 386 yang murah dan populer yang digunakan secara luas di komputer pribadi.

Karena kurang puas mengutak-atik MINIX, Linus Torvalds pun membuat sebuah sistem yang diberi dengan nama LINUX dimana cara kerjanya mirip dengan UNIX /MINIX atau sering kita dengar dengan sebutan UNIX-Style atau UNIX-Clone.

Linus Torvalds menulis source code LINUX tanpa menyertakan sedikitpun source code dari UNIX itu sebabnya Linux tidak sama dengan UNIX atau tidak termasuk ke dalam salah satu varian dari UNIX.

Pada awalnya Linux itu terdiri dari kernel yang 50 MB yang kemudian dibundel dengan software-software yang lain dan menjadi sebuah distro, dan sekarang ini kernel LINUX kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 milyiar baris kode.

(berbagai sumber)
  1. No comments yet.
  1. November 27, 2015 at 12:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: