Home > CMS, Drupal > Tutorial Drupal 7 : Manajemen Content Pada Drupal 7

Tutorial Drupal 7 : Manajemen Content Pada Drupal 7

Akhirnya menyempatkan diri lagi menulis tentang drupal 7, Drupal 7 dapat kita kategorikan sebagai CMS (Content Management System) atau juga sebagai Framework Management System, karena memang Drupal 7 sudah berada pada tingkatan yang berbeda dari Joomla ataupun WordPress. So, saat ini saya mencoba menulis tentang manajemen content pada drupal 7.

Pada Drupal 7 ada 2 jenis Content yang dikenali, yang pertama adalah article dan yang kedua adalah basic page, kedua jenis content yang terdapat pada Drupal 7 ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Let’s do it, kita mulai dari yang pertama yaitu content article. Jenis content ini diperuntukkan untuk membuat sebuah blogposting atau lebih mudahnya boleh kita katakan jenis content article pada Drupal 7 digunakan untuk posting artikel, menulis berita.

Nah, sekarang jika anda sudah login pada halaman administrator, silahkan pilih menu content – lalu pilihlah menu article. Maka kita akan dihadapkan pada beberapa form yang perlu diisi seperti Title, Tags, Body dan yang lainnya.

Setelah seluruhnya anda isi, kemudian klik SAVE untuk menyimpan article yang baru saja telah kita buat. Kembalilah ke halaman Home dan lihat perubahan yang terjadi.

Ok, yuk kita masuk untuk jenis content yang kedua yaitu content – basic page, dari nama saja sebenarnya kita sudah dapat mengerti dengan mudah kedua jenis content pada drupal 7 ini bukan. Jenis content Basic Page ini di peruntukkan untuk sebuah content yang bersifat static atau sangat jarang untuk di ubah. Contohnya untuk content ” About US “, bagaimana untuk memanfaatkannya, tentunya dari menu content kemudian pilihlah Basic Page.

Setelah itu kita akan dihadapkan dengan beberapa form, berbeda dengan jenis content article, pada content basic page kita tidak mendapati yang namanya form tags (nanti akan kita bahas lebih lanjut lagi) .

Kita akan dihadapkan dengan Title dan Body, isilah kedua form tersebut kemudian “SAVE” untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat.

Kemudian kembalilah ke halaman Home dan lihatlah perubahan yang terjadi.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: