Home > Ilmu Komputer, Internet > Teknologi VPN : Definisi dan Kebutuhannya

Teknologi VPN : Definisi dan Kebutuhannya

Apa itu VPN ( Virtual Private Network) ? bukan sejenis makanan ringan ataupun minuman penyegar. Saya mencoba memulai pemahaman teknologi ini untuk lebih mudah di mengerti. Sebagai contohnya sebuah perusaan yang memiliki kantor cabang di daerah lain, dan untuk menghubungkan kedua kantor yakni kantor pusat dengan kantor cabang dalam komunikasi data maka digunakanlah sebuah teknologi yang disebut dengan VPN (Virtual Private Network).

Dengan teknologi VPN ini maka kantor pusat dengan kantor cabang dapat melakukan transmisi data secara pribadi dengan lebih aman dan nyaman layaknya dalam sebuah jaringan lokal dalam artian bahwa komunikasi data yang dilakukan tidak terdapat dalam jaringan publik.

Dari berbagai sumber yang saya baca, Virtual Private Network yang lebih dikenal orang-orang dengan sebut VPN adalah sebuah jaringan data pribadi akan tetapi menggunakan infrastruktur jaringan komunikasi umum dalam penerapannya, nah loh katanya pribadi tidak terdapat dalam jaringan publik, tapi menggunakan jaringan komunikasi umum. Itulah sebabnya teknologi VPN dibutuhkan, ibaratnya mengubah jaringan komunikasi umum tersebut menjadi sebuah jaringan yang bersifat pribadi.

Mengapa perlu menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network), kalau toh dalam penerapannya menggunakan infrastruktur jaringan komunikasi umum ? jawabannya yang pasti demi keamanan, perusahaan tidak perlu lagi takut dalam pengiriman data yang sangat sensitif (bersifat rahasia) tanpa perlu khawatir siapa saja nantinya yang dapat melihat data tersebut.

Karena setiap transmisi data yang dilakukan dengan teknologi VPN (Virtual Private Network) akan terenkripsi, sampai kepada level siapa yang akan menerima data,  sehingga tidak memungkinkan orang lain untuk mengubah data yang telah dikirim, seperti laporangan keuangan dan lainnya.

Untuk mendapatkan sebuah VPN yang aman maka seorang Administrator VPN (Virtual Private Network) harus mengerti sejauh mana VPN tersebut difungsikan, seorang VPN Administrator harus tahu data apa saja yang harus ada dan tidak ada di dalam sebuah VPN (Virtual Private Network).

Well Done, sampai disini dulu, saya akan lanjutkan kembali nantinya di artikel berikut-berikutnya. Terima Kasih.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: