PHP singkatan dari Hypertext Processor, merupakan hal utama untuk melakukan scripting dalam membangun sebuah website yang dinamis dan interaktif. Dalam penggunaannya saat ini scripting PHP dapat dimudahkan dengan menggunakan PHP editor, terutama saat ini PHP telah digunakan oleh blogger tidak hanya seorang webmaster saja. Bagi anda pengguna hosting sistem operasi linux, maka PHP scripting akan menjadi sangat penting bagi anda.

Ada beberapa PHP editor yang dikembang secara terpadu dengan mencakup beberapa fitur seperti debugging dan pengembangan HTML, XHTML, CSS, XML, PHP, Javascript, Java, SQL, Perl, Confusion, JSP, Phyton, Ruby, dan bahasa shell untuk para pemula maupun kepada yang sudah ahli, ada beberapa PHP Code Editor yang cukup baik untuk digunakan seperti :

Syn – Open Source Editor – Code Editor

Syn merukapan sebuah open source software untuk PHP Code Editor yang telah dikembangkan dalam 30 bahasa. Syn telah disesuaikan dengan editor pemograman.

Mendukung scripting aktif yang berarti Anda dapat memperluas fungsi tersebut dengan menulis script. Syn juga memiliki fitur debugging yang banyak. Selain syn mendukung proyek, beberapa impor / ekspor fitur serta FTP upload dan download.

PHPEdit

PHPEdit merupakan software yang bersifat komersial dikembang oleh sebuah perusahaan asal Perancis Waterproof SARL . Software ini dirancang dengan menggunakan Delphi dan berjalan pada sistem operasi Windows, dipergunakan secara spesifik untuk PHP namun tetap mendukung HTML, CSS, Javascript, INI,

HTML-Kit – full-featured editor

PHPCoder

Win32Pad

Komodo Edit – cross platform editor

Context Editor

PHP Designer