Home > Tips dan Trik, Tips Komputer > 7 Langkah Mempercepat Waktu Booting Komputer

7 Langkah Mempercepat Waktu Booting Komputer

Setelah selesai menggunakan komputer atau notebook banyak orang yang tidak melakukan shutdown atau mamatikan komputer mereka dan lebih memilih untuk log off atau hibernate. Hal seperti ini dilakukan karena lamanya waktu yang ditunggu saat untuk menghidupkan kembali komputer atau notebook mereka. Seperti yang kita ketahui waktu booting komputer adalah sesuatu hal yang memakan waktu, sehingga mereka lebih memilih log off atau hibernate daripada shutdown.

Berikut ada 7 langkah mempercepat waktu booting komputer, sehingga lebih memudahkan kita saat menghidupkan kembali komputer atau notebook selain untuk menghemat energi dengan shutdown komputer / notebook tentunya juga akan membuat komputer lebih terawat.

1. Filter atau menyaring Program saat Start UP

Langkah pertama yang kita lakukan yakni melakukan filter atau menyaring program apa saja yang berjalan saat komputer / notebook START UP, beberapa kali saat meminjam komputer /notebook kawan saya sering menjumpai beberapa program atau aplikasi langsung berjalan, dan tentunya ini akan memakan waktu yang cukup. Untuk itu beberapa aplikasi perlu anda disable termasuk juga Anti Virus.

2. Hapuslah Font Yang Tidak Perlu

200 lebih font tersedia pada Windows 7 dan semuanya di load saat start up windows, padahal sebenarnya dari sekian banyak font tersebut belum tentu kita gunakan, saat menggunakan Microsoft Office juga tidak semua font kita gunakan bukan, jadi tidak ada bedanya jika kita menghapus font-font tersebut.

3. Gunakanlah IP Statis untuk Internet Protokol

Disaat memulai startup jika terkoneksi dengan internet, maka komputer akan menghabiskan waktu untuk mencari atau meminta IP yang bisa digunakan, hal ini tentunya sangat mengganggu proses booting dari sebuah komputer atau laptop. Untuk itu silahkan cari tau IP Statis dari Internet Protokol anda dengan bertanya kepada Provider atau ISP.

4.Disable Hardware Yang Tidak Gunakan

Saat komputer mulai berjalan, maka komputer akan memeriksa banyak driver dari hardware yang ada pada motherboard, untuk itu jika ada beberapa hardware yang tidak kita perlukan saat Start Up sebaiknya di disable saja.

5. Upgrade RAM

Sistem Operasi Windows 7 sangatlah membutuhkan memory yang tinggi saat melakukan start up, untuk itu tambahlah kapasitas RAM anda untuk lebih mempercepat waktu booting dari komputer atau notebook, dan kalau boleh gunakan juga VGA yang slot yang terpisah dari komputer.

6. Enable Quick Boot From BIOS

7. Selalu Update Anti Virus Yang Anda Gunakan

  1. November 9, 2012 at 12:39 pm

    gan pengaruh gak sih kalo booting itu dipercepat,, bukanya kalo pas saat booting itu lg sedang berjalan proses pemanggilan registry2 …

    Like

    • November 12, 2012 at 2:31 am

      bukan hanya registry gan…klo untuk registry kita tidak usah edit untuk start-up booting…. tapi ada beberapa aplikasi yang tidak kita butuhkan saat start up dan ini memakan memory… contohnya seperti YM, MSN dan SKype..coba deh klo ketiga aplikasi ini langsung berjalan begitu booting…ribet gan…

      Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: