Home > Joomla > Golongan Manakah Anda Sebagai Pengguna Joomla

Golongan Manakah Anda Sebagai Pengguna Joomla

Meskipun sudah mendunia, belum tentu semua orang pada tahu dengan Joomla, atau mungkin hanya pernah mendengar namanya Joomla, tapi dilain pihak ada orang yang telah menggunakan Joomla, atau juga ada yang sangat fanatik dengan Joomla, sedikit-sedikit jika berbicara CMS atau Web dia selalu menganggungkan Joomla.

Di dalam Docs.Joomla.org, ternyata penggiat Opensource Joomla tersebut telah memberikan penggolongan bagi pengguna Joomla itu sendiri, apakah seorang beginners, developers, web desaigner, administrators atau juga evaluators. Nah, saat ini masuk ke dalam golongan manakah anda sebagai pengguna Jooma ?

1. Beginners

Yang termasuk ke dalam golongan ini, seseorang yang belum menggunakan joomla sebelumnya, dan ingin tahu bagaimana untuk memulai penggunaannya. Mungkin sahabat atau teman anda ada yang menggunakan Joomla, dan anda menginginkan web atau blog sendiri dengan menggunakan Joomla. Atau juga anda memiliki usaha kecil atau kelompok komunitas anda menginginkan web tersendiri dan anda ingin menggunakan Joomla untuk mencapai tujuan tersebut. Atau bisa saja anda seorang Profesional di bidang teknologi informasi tapi anda belum pernah menggunakan Joomla.

Jika anda masih dalam kehendak “ingin menggunakan joomla” maka anda termasuk ke dalam golongan Beginners.

2. Developers

Developers atau pengembang tentunya adalah orang yang bertugas dalam mengubah atau memperluas fungsi dari Joomla atau ekstensi (extensions) Joomla itu sendiri. Seorang developers dalam Joomla adalah orang mahir dalam pemograman khususnya Joomla, dan tidak harus familiar  dengan Javascript atau CSS.

Jika anda telah mampu mengembangkan fungsi dari Joomla itu sendiri, atau juga anda telah berhasil membuat sebuah component, plugin atau module untuk Joomla, maka anda sudah berada pada golongan Developers.

3. Web Desaigner

Orang yang memperhatikan tampilan dari website yang berbasis Joomla, bagaimana anda ingin mengubah tampilan dari artikel tersebut saat di baca pengunjung, tanpa harus memperhatikan isi dari artikel yang ada.

Yang menjadi fokus utama web desaigner adalah pengalamannya sebagai pengunjung situs, sehingga golongan web desaigner adalah orang yang mahir dengan HTML atau CSS, dan juga cukup mengetahui pemograman dasar karena tentunya akan berhadapan dengan JavaScript atau PHP.

Jika anda adalah orang yang mampu menghasilkan sebuah template untuk dapat digunakan pada content management system Joomla, anda sudah termasuk ke dalam golongan web desaigner.

4. Administrators

Anda adalah orang yang memperhatikan tentang tampilan atau template dari web atau situs, tapi bukan berarti anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk merubah tampilan tersebut, mungkin anda akan mengontrak seorang web desaigner dan juga jika anda ingin mengembangkan fungsi anda dapat mengontrak seorang developers.

Administrator adalah orang bertanggung jawab atas kegiatan sehari-hari dari web atau situs tersebut serta pemeliharaan website. Anda jugalah yang bertanggung jawab apakah situs tersebut di dukung dengan sepenuhnya, berjalan dengan baik bisa diakses oleh pengunjung dan termasuk dalam menjaga keamanan website.

5. Evaluators

Anda adalah orang mengevaluasi apakah Joomla sudah sesuai dengan kebutuhan anda atau perusahaan tempat anda bekerja. Dan tentunya anda harus bisa dengan cepat mengevaluasi Joomla tersebut.

 

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: