Home > Wordpress > 7 Plugin Penting Pada Blog WordPress

7 Plugin Penting Pada Blog WordPress

Tentunya selain Joomla dan Drupal masih banyak lagi CMS (Content Management System) yang dapat kita gunakan. Kalau dilihat dari kompleksnya sistem yang dimiliki Joomla dan Drupal tentunya aplikasi CMS ini lebih di peruntukkan dalam membuat portal news, lain halnya dengan WordPress yang menurut saya lebih bagus untuk dimanfaatkan sebagai blog meskipun ada beberapa situs yang menjadikan WordPress untuk portal news.

Dalam penggunaannya, baik Joomla ataupun Drupal akan menggunakan aplikasi tambahan lainnya yang biasa disebutkan dengan component, module dan plugin. Demikian juga di WordPress, untuk lebih memaksimalkan kinerja CMS WordPress kita perlu menambahkan beberapa aplikasi tambahan yang biasa disebut dengan plugin.

Berikut ini adalah 7 Plugin penting pada Blog WordPress, agar blog atau cms wordpress yang kita gunakan dapat bekerja secara maksimal,

1. All In Seo Pack

Fungsi dari plugin ini adalah untuk menghasilkan secara otomatis meta tags, mengoptimalkan judul untuk mesin pencari (search engine) dan juga menghasilkan custom title untuk seluruh halaman serta deskripsi dan juga kata kunci.

2. Google XML Sitemap

Plugin ini berfungsi untuk membuat XML Sitemap untuk blog sehingga dapat membantu search engine seperti google, bing, dan yahoo untuk meng-indeks content dari blog.

3. Akismet

Plugin ini cukup kecil namun sangat bermanfaat, saat kita menginstall wordpress di hosting, plugin ini secara langsung telah ikut ke dalam sistem wordpress. Akismet boleh kita katakan sebagai salah plugin terbaik dalam memproteksi wordpress dari serangan spam.

4. Wp DB-Manager

Setiap situs atau blog tentunya mempunyai Database bukan, Plugin WP DB-Manager ini berfungsi untuk melakukan backup database, repair database, restore database dan juga delete database.

Plugin ini menjadi penting karena akan menjaga data-data yang kita miliki apabila server error atau adanya tindakan hacking terhadap blog kita.

5. W3 Cache Total

Plugin ini berfungsi untuk membantu kita dalam meningkatkan perfoma situs atau blog melalui caching : browser, page, dan content delivery network support. Setiap blogger harus memiliki plugin ini karena memang plugin ini sangat penting sekali.

6. Google Analytics For WordPress

Plugin ini akan memudahkan kita untuk melihat bagaimana para penggunjung hadir di blog kita tersebut dengan menggunakan banyak meta data : pengunjung harian, pengunjung unik dan dari mana pengunjung tersebut berasal. Halaman mana yang sering dikunjungi, apa istilah kata kunci yang mereka gunakan dan lain sebagainya.

7. Contact Form

Tentunya dengan memiliki blog atau situs kita juga berharap dengan adanya diskusi langsung kepada kita si pemilik blog. Selain dari kolom komentar tentunya kita membutuhkan yang nama cotact form.

Sebagai blogger baru, ketujuh plugin tersebut wajiblah hukumnya untuk kita gunakan agar blog kita bekerja secara maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: