Home > My Review > Cabut 7 Batang Rumput Gajah, Dituntut 1 Tahun Penjara

Cabut 7 Batang Rumput Gajah, Dituntut 1 Tahun Penjara

Basir dan Ibrahim tidak kuasa menahan tangis setelah mereka dijatuhi vonis hukuman penjara pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (27/9/2012), kakak beradik inipun menangis di hadapan jaksa untuk dibebaskan dari vonis yang telah dijatuhkan kepada mereka.

Informasi berita ini saya dapatkan dari situs Okezone.com yang di posting pada Kamis, 27 September 2012 22:04 wib, dengan kode berita (Bugma/Sindo TV/ton). Yang menjadi pertanyaan, dimanakah letak hukum di negara ini ??? sehingga seseorang yang mencabut 7 batang rumput gajah harus divonis penjara selama 1 tahun ???

Sangat sedih jika memang benar kejadian ini bisa terjadi, bagaimana mungkin para penegak hukum, mulai dari Kepolisian Sektor sebagai tempat pengaduan pertama, Jaksa, Hakim atau Pengacara dapat membiarkan hal ini bisa terjadi. Dan dimana mereka yang sekarang ini mengaku-ngaku sebagai pejuang HAM, pemerhati rakyat, pendukung rakyat kecil, sejarahwan, budayawan, LSM dan lain sebagainya.

Kalaulah kasus yang beredar tentang foto bugil artis atau video bokep artis, seluruh elemen masyarakat tidak satupun ingin ketinggalan akan beritanya.

Kalaulah kasus yang beredar kawin cerai artis, semua berbondong-bondong mendampingi artis tersebut di persidangan, semua elemen masyarakat memberi rasa simpati kepada artis tersebut. Namun kasus kecil pencabutan 7 batang rumput gajah di lahan kosong dapat begitu saja terabaikan. Sungguh nyata sangat kejam hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Yang menjadi perhatian terletak pada aparat Kepolisian Sektor Tombolo Pao, yang menerima laporan pada 13 mei 2012 bahwa Basirdan Ibrahim dianggap merusak dengan mencabuti rumput, oleh kepala desa, padahal saat itu mereka hanya sedang membersihkan lahan kosong. Seandainya Polisi yang menerima laporan tersebut dapat berlaku bijak mungkin kasus ini tidaklah harus disidangkan, pun dengan kepala desa tersebut sungguh teganya melaporkan warganya hanya karena mencabut 7 batang rumput gajah. Dari sini saya melihat adanya unsur benci dari kepala desa kepada kedua orang tersebut.

Kalaulah memang Polisi tidak mampu berpikir dengan bijak, sehingga kasus ini harus ditangai para penyidik menurut saya satu pemikiran tolol memang benar-benar dimiliki para polisi yang ada di Polsek Tambolo  Pao tersebut, bagaimana mungkin dia harus menyidik 2 orang hanya karena mencabut rumput.  Saya hanya bisa meminta kepada Kapolda Sulawesi Selatan atau Kapolri untuk menghentikan aktifitas di Polsek tersebut dan seluruh Polisi yang ada disana dibebastugaskan.

Dan paling lucunya JPU ( Jaksa Penuntut Umum) menuntut Basir dan Ibrahim untuk dipenjara selama 1 tahun, sungguh hebat benar jaksa tersebut untuk mencari pasal-pasal yang dikenakan kepada Basir dan Ibrahim sehingga dia mampu menuntut kakak beradik tersebut untuk dipenjara selama satu tahun.

Apakah tidak ada seorangpun yang mampu membantu Basir dan Ibrahim di bidang hukum ??? dimanakah para penegak hukum yang ada di Sulawesi Selatan ??? Benarkah mereka penegak hukum ??? Apa karena mereka miskin sehingga mereka tidak ada yang menolong ??? Dimana mereka para anggota DPRD Sulawesi Selatan ??? Mengapa mereka menutup mata dengan kasus ini ??? Atau apakah mereka mengganggap kasus ini begitu kecilnya sehingga tidak perlu diperhatikan ????

Kita masih ingat beberapa waktu lalu, dengan kasus yang hampir sama dimana seorang nenek disidangkan karena telah mencuri beberapa buah coklat atau juga mungkin kita masih ingat kasus yang menimpa seorang anak yang dituduh mencuri sendal sehingga pada saat itu banyak orang mengumpulkan sendal dan memberikannya kepada Kapolri.

Ayo Indonesia KU…. Bergegaslah…Berbenahlah Sudah saatnya kita Merdeka di Negara Kita Sendiri.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: