Home > My Review > Empat Aspek Atau Alasan Mengapa Kita Harus nge-Blog

Empat Aspek Atau Alasan Mengapa Kita Harus nge-Blog

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa nge-blog itu tidak penting, terutama dalam kalangan muda seperti anak sekolah, mahasiswa dan juga yang lainnya. Bahkan ada juga orang-orang yang telah melihat manfaat dari nge-blog tapi tetap juga tidak mau memulai nge-blog.

Memang selama ini yang selalu di dengung-dengungkan dengan nge-blog, siblogger atau sipemilik blog dapat menghasilkan uang sehingga banyak orang beranggapan bahwa nge-blog bukanlah jalan saya untuk mendapatkan uang, padahal sebenarnya nge-blog tersebut tidak hanya sebatas itu, bagi saya pribadi menghasilkan uang dari blog itu berada pada point terakhir. 

Dalam tulisan ini, empat aspek atau alasan mengapa kita harus nge-blog, saya ingin mencoba mainset kita para blogger pemula atau untuk kepada mereka yang belum menjadi blogger untuk lebih terbuka dalam kegiatan seperti apasih itu nge-blog ?

Yang pertama yang merupakan aspek utama mengapa kita harus nge-blog yakni Pendidikan.

Jika kita adalah seorang pelajar baik itu sekolah tingkat pertama (SMP) atau juga SMA dan mahasiswa, kita pasti akan selalu dihadapkan dengan yang namanya tugas, dan tugas yang menjadi paling berat adalah membuat suatu rangkuman. Rangkuman ini juga dapat kita katakan sebagai karya ilmiah.

Terkadang kita merasa apa yang kita tuliskan dalam rangkuman atau summary tersebut masih sangat kurang, masih minim dan ragu apakah rangkuman kita tersebut dapat dimengerti orang. Dan ini menjadi kekalahan kita bangsa Indonesia tidak banyak pelajar atau mahasiswa di Indonesia yang mampu membuat suatu rangkuman atau sejenis karya ilmiah.

Hal ini terjadi sebab kita sangat minim membuat suatu tulisan, istilah-istilah dalam bahasa pun yang kita miliki tidak begitu banyak.

Dengan nge-blog, kita akan sering menulis, sering membaca, sering melihat dan wawasan kita juga semakin bertambah, dan tentunya kita juga akan dapat berpikir dengan baik secara rasional.

Terutama bagi mahasiswa, ketidakbiasaan dalam mengembangkan suatu masalah yang nampak, dengan membuat suatu tulisan menjadikan mahasiswa selalu gagal dalam membuat karya ilmiahnya atau skripsi nya. Sehingga apa yang terjadi saat ini, mahasiswa itu dengan bangganya menggunakan toga padahal dia belum menghasilkan satu karya ilmiah yang menjadi salah satu syarat dalam mengambil gelar baik Diploma, sarjana  dan lainnya.

Yang menjadi aspek kedua mengapa kita harus nge-blog yaitu Politik.

Jika ada seseorang yang mengatakan tidak ingin memikirkan yang namanya politik, saya berani menyatakan kalau itu hanyalah sebuah omong kosong. Tidak ada satupun di dunia ini yang tidak memikirkan politik. Bermain judi atau yang lainnya juga kita menggunakan politik.  Jadi tidak mungkin seseorang itu tidak berpikiran tentang politik.

Satu fakta yang sebenarnya harus kita aminin adalah, kita ingin berpolitik secara praktis tapi tidak mampu terjun ke dunia tersebut. Mengapa ? Karena seperti aspek pertama tadi, kita sangat jarang membaca, jarang menulis, dan terfokus dengan apa yang sedang kita kerjakan alhasil wawasan kita juga hanya sampai sebatas itu saja.

Namun dengan nge-blog, kita akan sangat bebas berekspresi menulis ini menulis itu, tidak ada yang melarang, memberikan suatu argumen suatu tanggapan terhadap kejadiaan yang sedang berlangsung atau sedang terjadi.

Sehingga dengan nge-blog orang-orang akan melihat kita, bahwa kita sangat peduli dengan sekitar kita. Mereka akan melihat atau membaca apa argumen yang ingin kita sampaikan dengan suatu kebijakan atau peristiwa yang sedang berlangsung. Dan blog menjadi media kita, karena mungkin kita tidak mampu untuk menyampaikan argumentasi kita di media cetak atau media elektronik.

Dengan kata lain, Blog menjadi media pribadi kita untuk menyuarakan apa yang kita rasakan dan lihat kepada orang banyak. Dan jika baik bisa saja kita menjadi orang yang di pandang dalam memberikan argumentasi kita khususnya di ranah politik.

Aspek yang ketiga mengapa kita harus nge-blog adalah Sosial – Budaya.

Ada seorang blogger yang mengaku dalam membuat tulisan itu kurang lebih sampai 3 jam, dan blogger lainnya menimpalinya bahwa tulisan itu pasti sangat bagus. Namun sebenarnya dalam nge-blog tidaklah harus menghabiskan waktu selama berjam-jam dalam membuat tulisan, namun kita lihat dari segi mana pembahasan yang sedang kita bicarakan.

Mengapa ada unsur Sosial-Budaya mengapa kita harus nge-blog, tentunya sebagai mahluk sosial dimana kita saling membutuhkan satu samam dengan nge-blog kita dapat menunjukkan suatu sifat empati kita kepada orang lain.

Meskipun nantinya rasa empati tersebut tidak dilihat secara langsung, namun kita sudah memiliki niat dalam menunjukkan rasa empati kita kepada orang lain. Sebagai contoh disaat terjadi suatu bencana yang menimpa salah satu daerah, hanya membuat tulisan sederhana pun kita dapat mengunggkapkan rasa belangsungkawa kita atau rasa sedih kita terhadap bencana tersebut.

Selain itu juga dengan nge-blog kita akan mampu mempromosikan budaya bangsa kita yang beragam, tidak selamanya kita harus terfokus dengan budaya di daerah kita sendiri, namun dengan banyaknya wawasan yang kita miliki, bisa saja kita membahas budaya atau adat-istiadat di daerah lain.

Yang menjadi aspek terakhir atau keempat yaitu Enterprenuer.

Seperti yang saya tuliskan diatas, bahwa dengan nge-blog kita mampu meraup penghasilan, bahkan nilai tidak sedikit. Namun menjadi bloggerprenuer ini merupakan hal terakhir yang menjadi alasan atau aspek yang mendorong mengapa kita harus nge-blog.

Karena dengan menjadi seorang blogger kita belum tentu harus menjadi enterprenuer, namun bisa saja kita nge-blog itu karena tiga aspek sebelumnya.

Menjadi bloggerprenuer tidaklah menjadi harus suatu hal yang diwajibkan, namun dengan nge-blog bisa saja untuk melatih kita dalam membuat tulisan, menanggapi hal-hal yang terjadi.

Semoga saja tulisan ini sangat bermanfaat, jika ada hal-hal yang bertentangan dengan tulisan saya ini mungkin kita bisa mendiskusikannya.

Sekian dan Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: