Home > My Review > Menjadi Seorang Blogger Perlu Ketekunan

Menjadi Seorang Blogger Perlu Ketekunan

Menjadi seorang blogger memang tidaklah mudah dan itu harus kita akui sepenuhnya, selain harus mampu menulis dengan baik, seorang blogger juga memerlukan ketekukan dalam membangun blog yang dimilikinya. Dan menurut saya Ketekunan adalah hal yang paling utama bagi seorang blogger.

Ketekunan yang dimiliki seorang blogger yang saya maksudkan disini telah merangkum dari berbagai aspek-aspek yang mendukung dalam mengembangkan sebuah blog, disaat kita merasa mentok (jenuh) dengan blog kita maka ketekukan yang telah kita miliki dari awal tidak akan menjadi sia-sia.

Banyak blogger merasa telah gagal, ya tidak usah jauh-jauh saya sendiri merasa saya menjadi salah satu blogger gagal, karena begitu banyaknya blog-blog yang pernah saya kelola semuanya berakhir dengan tidak memiliki jejak sedikitpun dan bisa saja apa yang membuat anda jenuh dalam mengembangkan sebuah blog sama seperti yang saya alami

Dengan tulisan ini saya ingin sharing sedikit menurut pengalaman pribadi saya dan yang pernah saya lihat :

Blogger bisa saja jenuh karena tiba-tiba dia merasa bahwa apa yang dia tuangkan selama ini di blognya bukanlah bidang yang dimilikinya. Sebagai contoh seorang Blogger memiliki blog yang isi di dalamnya adalah tentang tutorial nge-blogtetapi dia bukanlah seorang yang paham SEO atau mengerti lebih dalam tentang IT, sehingga kesehariannya blog yang dimilikinya diisi dengan tulisan-tulisan yang diambil dari berbagai sumber atau blog-blog lain. Dan akhirnya tidak sekalipun tulisan yang dimilikinya lahir dari inspirasi yang dimilikinya.

Nah kesalahan ini dari apa yang pernah saya dengar termasuk kesalahan seorang blogger dalam mencari liche dari blog yang dikelolanya.

Hal lain yang terkadang membuat sang blogger jenuh itu adalah pada saat dia merasa tampilan atau interface blog yang dimilikinya kurang menarik. Dengan keterbatasan kemampuan programming si blogger berusaha mendapatkan template gratisan untuk dimanfaatkan, namun hal seperti ini sering menjadi kendala bagi si blogger karena tidak kunjung dapat membuat tampilan seseuai dengan demo dari template blog yang ingin digunakannya sehingga untuk menulis / posting artikel si blogger jadi terabaikan dan akhirnya berhenti posting karena tidak kunjung sesuai dengan harapan.

Faktor lain membuat blogger jenuh adalah waktu, banyak blogger yang menjadikan blog sebagai lumbung uang namun tidak sedikit pula blogger yang menjadikan blog sebagai tempat curhatannya. Mungkin bagi blogger yang menjadikan blog sebagai lumbung uang akan selalu menyisikan waktunya setiap hari agar blog nya tetap mendapatkan artikel terbaru.

Namun bagi mereka yang menjadikan blog sebagai tempat curhatan atau ikut-ikutan mungkin tidak begitu banyak memiliki waktu untuk mengisi blognya dan biasanya blogger seperti ini sering mendapat kendala terkait dengan masalah tampilan dan mengapa blogger lain bisa menghasilkan uang dari blognya.

Blogger yang seperti apapun anda, tetaplah tekun dalam menjalani dunia blogging, 2 post setiap hari minimal itu sudah lebih dari cukup dan 5 komentar di blog lain saya rasa itu sudah baik.

  1. September 20, 2012 at 1:58 am

    bener pak..saya pun begitu. .tapi alkhamdulillah dengan sedikit ketekunan dan berusaha sekarang dah lumayan lah..ada sedikit kebanggaan
    nanankithink.blogspot.com / redismyheart.wordpress.com
    salam kenal dari saya .

    Like

  1. August 11, 2012 at 5:16 pm
  2. October 1, 2012 at 6:55 am
  3. June 23, 2013 at 11:05 am

Leave a Reply

