Home > Internet > Cyberbulliying Kriminal Dunia Maya dan Dunia Nyata

Cyberbulliying Kriminal Dunia Maya dan Dunia Nyata

Bentuk CyberbullyingBanyak kejahatan yang dapat kita kategorikan sebagai Cyber Crime atau kejahatan dunia maya, salah satu contohnya adalah Cyberbullying yang dapat kita kategorikan sebagai kriminal dunia maya dan berdampak di dunia nyata. Cyberbullying menjadi salah satu materi mata kuliah Etika Profesi untuk jurusan Tehnik Informatika.

Cyberbullying dapat kita artikan sebagai berikut :

1. Tindakan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung baik disengaja, dan secara berulang perilaku dari seseorang atau kelompok untuk memusuhi orang lain atau kelompok lain.

2. Tindakan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk merugikan orang lain.

3. Menggunakan layanan internet dan teknologi mobile (handphone) seperti layanan web (jejaring sosial, atau grup diskusi atau forum) serta pesan cepat seperti sms text untuk merugikan lain.

Banyak orang beranggapan Cyberbullying berbeda dengan Cybertalkers, tetapi secara kenyataannya Cybertalkers adalah bagian dari Cyberbullying.

Komunikasi termasuk sebagai contoh dari tindakan cyberbullying yakni dengan mengintimidasi, mengontrol, memanipulasi, meletakkan, serta mendiskreditkan atau mempermalukan si penerima.

Dalam hal ini bisa saja kita ambil contoh simplenya seperti yang terjadi di halaman wallpost facebook sebagai situs jejaring sosial yang  paling banyak penggunanya saat ini, bisa saja kita tidak tahu secara tiba-tiba ada seseorang yang tidak suka dengan kita kemudian dia melakukan wallpost di facebook kita sehingga semua orang yang ada dalam pertemanan dapat melihat hal tersebut.

The National Crime Prevention Council mendefinisikan Cyberbullying ” Pada saat internet, ponsel atau perangkat lainnya digunakan untuk mengirim atau posting baik berupa kata-kata ataupun dalam bentuk photo untuk mempermalukan orang lain”.

Praktek Cyberbullying tidak mengenal batas usia baik anak-anak ataupun orang dewasa kerap melakukannya, inilah yang kerap dijadikan orang-orang membedakan Cyberbullying dengan Cybertalkers, Cybertalkers tindakan yang dilakukan anak-anak sementera untuk orang dewasa disebutkan dengan istilah Cyberharrasment.

Taktik umum yang dilakukan Cybertalkers adalah dengan menggunakan forum dan media sosial lainnya untuk mengancam pendapatan korban, pekerjaan, reputasi atau keselamatan itulah sebabnya cyberbullying menurut saya menjadi mengarah pada tindakan kriminal di dunia nyata.

Pelaku cyberbullying memungkin untuk mendorong atau memancing niat dari orang lain untuk melecehkan korbannya dan berusaha mengurangi partisipasi online dari korbannya. Cybertalkers merusak reputasi korban mereka dan secara langsung merusak reputasi korbannya kepada orang lain. Dan kesemuanya tersebut dilakukan secara berulang-ulang.

 

 

 

  1. nia
    January 3, 2013 at 10:26 pm

    Aku baru tahu ternyata selama ini aku mengalaminya…., tujuan aku baik ingin berteman, ternyata akun palsu dari orang yg kemungkinan aku kenal juga sebenernya, skr sudah faham.

    Like

    • January 4, 2013 at 10:21 pm

      thanks buat kunjungannya Nia, tp cyberbulliying bukan menjadikan kita harus takut dengan Social Media, tp kita akan semakin paham dalam penggunaan teknologi😀

      Like

  2. servidores .met
    January 18, 2013 at 8:57 pm

    I like the valuable information you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and take a look at once
    more right here frequently. I’m reasonably certain I will be informed lots of new stuff proper right here! Good luck for the following!

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: