Home > CMS, Drupal, Software > Mengapa Memilih Menggunakan Drupal ?

Mengapa Memilih Menggunakan Drupal ?

Akhir-akhir ini saya sepertinya tertarik ingin mempelajari CMS Drupal, dan tidak ada alasan tertentu sebenarnya yang membuat saya ingin mempelajarinya, hanya selama ini saya telah menggunakan 2 CMS berbeda sebelumnya yaitu wordpress dan Joomla. Setelah membuka situs drupal ada satu artikel yang langsang saya lihat yakni Why Choose Drupal atau saya artikan dengan kata saya sendiri Mengapa Memilih Menggunakan Drupal ?

Sudah tentu Drupal salah satu Opensource Software, selain itu Drupal juga dikatakan sangat mudah dalam pengaturan, dimanajemen dan digunakan. 

Saat ini Drupal dipelihara dan dikembangkan komunitas yang terdiri kurang lebih 630.000 pengguna dan pengembang dibawah lisensi GNU General Public License atau GPL, ini berarti siapa saja dapat mengembangkannya dan menggunakannya serta berbagi kepada orang lain. Prinsip dalam proyek Drupal adalah mendorong modularistas, standard, kolaborasi, kemudahan penggunaan, dan lainnya.

Dukungan bagi pengguna Drupal juga sangat banyak, ada yang saling berbagi melalu IRC, Forum dan bertatap muka secara langsung dalam acara-acara Drupal. Para komunitas juga banyak menyediakan dokumentasi-dokumentasi sehingga memudahkan pada pemula dalam menggunakan Drupal.

Drupal pertama kali dikembangkan oleh Dries Buytaert pada tahun 1999, dan komunitas onlinenya mulai berkembang di tahun 2001, Komunitas Drupal menjadi sangat berarti setelah diadakannya konferensi pada tahun 2005.

Leave a Reply

