Home > My Review, Sepakbola > Indonesia Mengawali Namun Saat Ini Tertinggal

Indonesia Mengawali Namun Saat Ini Tertinggal

Hiruk pikuk sepakbola dunia semakin menjadi-jadi, secara mengejutkan banyak terjadi trasnfer pemain yang tidak disangka-sangka khususnya di negara Asia, Indonesia pernah mengawalinya dengan memboyong beberapa pemain tenar untuk bermain di Liga Indonesia yang dulu bernama Liga Dunhill atau Liga Kansas.

Namun meski pernah mengawalinya dengan membawa pemain setenar Roger Milla untuk bermain di Indonesia, namun saat ini Indonesia malah tertinggal jauh untuk negara-negara Asia lainnya terutama China atau Hongkong.

Di tahun 2012 ini kita saat ini dapat melihat bagaimana banyak pemain-pemain hebat yang bergabung bersama beberapa klub China, Didier Drogba, Nicolas Anelka, Yakubu, belum lagi Mateza Kezman dan Nicky Butt yang telah terlebih dahulu berlabuh di klub Hongkong.

Jika pada tahun 1994 Indonesia telah mampu menghadirkan Roger Milla atau Stephen Weah (sepupu George Weah) mengapa sampai saat ini Indonesia belum menjadi bidikan para pemain-pemain hebat yang merumput di Eropa ? Seharusnya juga Indonesia bukan lagi pilihan pemain tua tetapi juga bagi para pemain muda juga.

China telah menolak menjadi tuan rumah Piala Dunia, karena mereka sadar bahwa kualitas sepakbola mereka masih sangat rendah, namun Indonesia dengan sombongnya pernah menargetkan ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2020.

Sungguh miris dengan apa yang telah di awali negara ini di bidang Sepakbola, namun harus tertinggal jauh dengan negara-negara yang baru saja mengawali untuk mengembangkan sepakbola mereka.

Semoga kedepannya sepakbola Indonesia dan bukan hanya sepakbola namun dari segala bidang Indonesia mampu menjadi yang  terbaik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: