Home > Linux > Belajar Linux : Sudoers pada Linux

Belajar Linux : Sudoers pada Linux

Belajar linux itu memang gampang-gampang susah, tapi meski demikian sangat mengasyikkan, terlebih jika kita menikmatinya hal tersulit sekalipun dalam belajar linux pasti menjadi mudah.

Mungkin salah satu yang menjadi masalah dalam belajar linux bagi pemula seperti saya, adalah kurangnya mengetahui hal yang mendasar dari linux tersebut, mungkin karena pembahasan pada blog atau forum-forum yang berbau linux sudah menyajikan hal-hal yang advance.

Kali ini saya ingin menulis mengenaii SUDOERS pada linux, apa itu sudoers ? apakah istilah ini sangat penting kita mengerti ? menurut saya sangat penting untuk mengetahui istilah sudoers tersebut.

Jika melihat help pada linux fedora, sudoers adalah list dari user pada fedora yang dapat melakukan eksekusi layaknya root, tahukan kalau untuk mengedit file-file pada linux kita haruslah berposisi sebagai root alias admin.

Untuk beberapa distro linux seperti Ubuntu, maka biasanya akan menggunakan SUDO -SU untuk melakukan login kepada root dan biasanya diminta password, dengan mengedit sedikit konfigurasi pada sudoers maka bisa saja kita login tanpa password atau kita bisa juga menambahkan user lain yang nantinya dapat berfungsi layaknya sebagai root.

Semoga saja bermanfaat, mungkin saja ada kesalahan dalam tulisan ini, semoga saja nantinya ada yang dapat meluruskan dan menambahkan. Thanks.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: