Apa itu repository ? hal ini akan menjadi pertanyaan bagi pengguna baru sistem operasi linux, meski masih baru dalam dunia linux tidak ada salahnya bukan saya mengangangkat topik tentang repository linux. Sekalian untuk tetap mengingat apa yang saya pelajari.

Dalam sistem operasi Windows kita mengenal istilah software dan di Linux Repository ini dapat kita artikan secara langsung sebagai software-software yang berjalan pada sistem operasi linux.

Namun sebenarnya Repository ini adalah merupakan kumpulan dari file-file master yang terdiri dari beberapa paket, yang dijadikan satu bundel atau generalisasi untuk mendukung end user dalam hal menginstall beberapa aplikasi yang ia kehendaki. Sebagai contoh untuk menginstall aplikasi pemutar video, mp3, dan yang lainnya.

Linux yang memiliki banyak distro-distro memiliki repository tersendiri, dan tentunya dalam hal cara melakukan instalasi aplikasinya juga. Namun dari beberapa distro ada yang memiliki kesamaan yang pastinya hal tersebut merupakan dari turunan dari distro yang telah ada sebelumnya.

Selain repository bawaan dari Linux, kita juga akan mengenal nantinya istilah triparty repo sebagai contoh yang banyak digunakan adalah rpmfusion, livigna dan lain sebagai. Semoga pada tulisan berikutnya saya dapat membahas hal tersebut.