Home > Internet > Netiket, Etika Dalam Internet

Netiket, Etika Dalam Internet

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sejak kecil kita telah diajarkan untuk selalu memiliki etika, baik dalam keluarga ataupun masyarakat. Bahkan etika menjadi mata kuliah wajib dalam perguruan tinggi, agar kelak saat bekerja kita memahami etika-etika yang ada dalam pekerjaan. Dan setiap profesi pastilah memiliki etika.

Demikian juga halnya dalam kehidupan dunia maya, sebagai kehidupan dunia kedua orang-orang saat ini, dengan bergabung ke dalam forum-forum, social networking dan lainnya. Nah dalam menjalani kehidupan di dunia maya (internet) juga sebenarnya memiliki etika, yang lazim namanya disebut dengan Netiket.

Netiket atau etika dalam internet sangat perlu kita pahami, agar nantinya tidak terjadi selisih paham yang nantinya dapat terbawa ke dalam kehidupan di dunia nyata, berikut adalah beberapa contoh netiket atau etika dalam berinternet :

1.  Penggunaan huruf kapital/besar.

Dalam mengirim email, menulis komentar, atau membuat tulisan dalam blog sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital/besar semuanya, karena hal ini dianggap sebagai suatu teriakan, sehingga kesannya seperti sedang marah.

2. Berusaha membuat tulisan sendiri

Bagi para blogger, sebaiknya berusaha dalam membuat tulisan/karangan sendiri agar tidak disebut sebagai plagiator, kalaupun mengutip dibawah tulisan atau postingan sertakan alamat sumbernya.

3. Tidak menggunakan kata-kata kotor/vulgar

Dalam me-replay suatu postingan atau e-mail, jangan menggunakan kata-kata kotor dan yang vulgar, contohnya: bagian tubuh manusia/hewan.

4. Tidak mengandung SARA

Mungkin hal ini sekarang sangat marak, terutama di situs-situs jejaring sosial, kalau untuk lebih dihargai dan tidak dicemoh, janganlah membuat tulisan atau status yang mengandung SARA.

5. Subject e-mail/Pesan

Sering kita mengirim pesan atau email tanpa memberikan judul atau subject dari pesan/e-mail tersebut. Agar sipenerima e-mail atau pesan tahu bahwa itu penting silahkan bubuhkan judul/subject dari e-mail/pesan yang anda kirim, karena kalau tidak mungkin saja e-mail atau pesan tersebut langsung dihapus tanpa dibaca terlebih dahulu.

Mungkin itu adalah beberapa etika dalam internet, semoga berguna bagi teman-teman netter.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: