Pada tulisan sebelumnya Sulaiman Marbun Blog’s sudah membahas apa itu Nama Domain atau Domain Name , tulisan kali ini saya akan mencoba membahas siklus dari sebuah nama domain, meskipun sudah banyak tulisan tentang Domain Life Cycle tidak ada salahnya juga bukan, saya bahas disini (itung-itung nambah post).

Sebuah nama domain hanya dapat diregisterkan dalam jangka waktu tertentu, minimal waktu register sebuah nama domain adalah 1 tahun dan maksimal 10 tahun, setelah masa register habis (expired) maka domain dapat diregisterkan kembali, dan jika tidak diregisterkan kembali, nama domain tersebut bisa saja diambil orang lain, namun sebelum nama domain tersebut diambil orang lain setelah expired, masih ada masa atau periode untuk nama domain tersebut baru bisa diregisterkan pihak lain selain pemilik sebelumnya. Masa atau Periode inilah yang disebut sebagai Siklus Hidup Nama Domain atau Domain Life Cycle.

life-cycle-domainTentunya sebagai pemilik domain harus mengerti bukan, tentang siklus (life cycle) domain yang dimilikinya, berikut ini keterangan untuk bagan yang di tunjukkan di atas :

1. Registered

Masa Registered yaitu masa dimana sebuah domain telah teregistrasi (sudah dimiliki) , untuk masa waktu register sebuah domain minimum adalah 1 tahun dan maksimum adalah 10 tahun, dan setelah masa register telah habis (Expired) si pemilik domain dapat melakukan registrasi kembali untuk kepemilikan atas domain tersebut.

2. Auto Renew / Grace Periode

Merupakan masa/periode dimana setelah domain expired secara otomatis akan di renew (diregister kembali) dengan syarat saat melakukan order domain anda memilih opsi Auto Renew. Tapi bagaimana jika saat melakukan order anda tidak memilih opsi Auto-Renew ? kemudian anda lupa melakukan Renew terhadap domain yang anda miliki ? maka domain yang anda miliki memasuki periode yang disebut sebagai Grace Periode.

Banyak orang/pemilik domain beranggapan saat domain memasuki Grace Periode, maka domain tersebut tidak dapat diregister kembali atau dapat diregistrasi oleh pihak lain, ini adalah anggapan yang salah, karena pada Grace Periode yang berlangsung selama 0 hari – 45 hari setelah domain tersebut EXPIRED, si pemilik domain masih berhak untuk melakukan registrasi ulang atas kepemilikan domain tersebut, dan tidak perlu takut karena pada periode ini pihak lain belum dapat melakukan registrasi /mengambil alih kepemilikan dari domain tersebut.

Pada masa Grace Periode ini biaya untuk melakukan registrasi kembali atas domain anda, masih dalam biaya normal seperti saat anda melakukan order pertama kali atau tidak mendapatkan biaya tambahan.

3. Redemption Grace Periode

Apabila anda tidak melakukan Renew (register kembali) atas domain anda dalam waktu 45 hari setelah expired, maka domain yang anda miliki akan memasuki Redemption Grace Periode, periode ini berlangsung selama 30 hari kedepan setelah masa Auto Renew/Grace Periode berakhir, dalam hal ini pihak registrar berhak untuk melakukan lelang atas domain tersebut.

Dalam masa inipun sebenarnya anda masih dapat melakukan renew atas domain anda, akan tetapi untuk melakukan renew pada masa Redemption Grace Periode biasanya akan dikenakan biaya charge/fee, untuk melakukannya anda dapat menghubungi beberapa registrar untuk melakukan renew atas domain anda atau silahkan menghubungi pihak (Provider) dimana anda melakukan order atas domain tersebut.

Besarnya biaya charge/fee yang diperlukan untuk menebus domain berbeda-beda tergantung pihak registrar dimana domain anda diregister oleh Provider.

Pihak registrar domain akan melakukan lelang atas domain yang memasuki periode ini jika memang tidak ada klaim dari pemilik domain tersebut. Beberapa orang biasanya akan tertarik untuk membelinya karena berbagai macam faktor, salah satunya karena nama domain yang SEO friendly.

4. Pending Delete

Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi anda untuk melakukan pembaruan (renew). Pihak registrar akan mengirimkan perintah kepada pihak registry untuk melakukan penghapusan domain. Tapi jika anda ingin memilikinya kembali, anda masih bisa untuk mencoba dan melakukan rikues order, di mana pihak registrar nantinya akan mencoba untuk mendaftarkannya kembali atas nama anda ketika sudah masuk masa available, namun tidak ada jaminan bahwa anda benar-benar bisa memilikinya kembali.

5. Released/Avalaible

Pada masa ini, domain sudah tersedia untuk publik dan bisa dibeli oleh siapapun. Jika anda menginginkannya kembali, anda harus aktif mengawasi dan registrasikan kembali secepatnya saat statusnya sudah available.