Home > Ilmu Komputer > Pengertian dan Pengenalan Jaringan Komputer

Pengertian dan Pengenalan Jaringan Komputer

Ngeblog itu memang susah, untuk mencari inspirasi tulisan untuk blog itu sangat susah, terpaksa deh Sulaiman Marbun Blog’s mengangkat tulisan yang mungkin sudah basi, yang sudah banyak dibahas Pengertian dan Pengenalan Jaringan Komputer. Sebenarnya sih lagi tidak niat untuk menulis, tapi dari pada postingan kosong, ya harus menulis.

Apa itu Jaringan Komputer ? 

Untuk tulisan kali ini perlu kita membuat pertanyaan agar lebih mudah untuk dimengerti, Jaringan Komputer adalah kumpulan atau sebuah sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling terhubung. So, kalaupun ada banyak komputer tetapi tidak saling terhubung kita tidak dapat katakan kalau itu berada dalam sebuah sistem jaringan komputer. Intinya komputer-komputer yang ada itu harus terhubung satu sama lain.

Opss, 2 komputer juga jika terhubung dapat dikatakan telah termasuk ke dalam sistem jaringan komputer yah ? Iya donk kan sudah saling terhubung, untuk topik itu nantinya bisa kita jelaskan lebih jauh lagi.

Apa Fungsi dari Jaringan Komputer ? 

Nah, ini muncul lagi pertanyaan baru, Apa fungsi dari jaringan komputer. Fungsi paling utama dari jaringan komputer ini dibuat adalah untuk saling berbagi resource atau sumber daya. Sumber daya yang dimaksud mungkin bisa saja seperti printer, atau mungkin data-data yang ada pada komputer yang lain yang saling terhubung tersebut.

Dalam hal lain mungkin bisa berfungsi sebagai alat komunikasi seperti pengiriman email, pesan instan atau juga merambah situs-situs atau web, untuk ini juga akan kita bahas lagi lebih lanjut nantinya.

Dalam membangun sebuah jaringan komputer atau membuat komputer untuk saling terhubung tentu ada beberapa alat yang harus kita gunakan, alat itu bernama ethernet card atau yang sering kita sebut dengan nama LAN Card. Jadi untuk dapat saling terhubung komputer/PC itu harus memiliki yang namanya ethernet card atau LAN card. Tapi nantinya ada lagi perangkat-perangkat lain seperti Wireless LAN (W-Lan) dan juga Bluetooth yang pembahasannya tersendiri.

Bentuk dari Kartu Jaringan atau ethernet card yang dilekatkan pada PC/Komputer (sumber:wikipedia)

Bentuk dari Kartu Jaringan atau ethernet card yang dilekatkan pada PC/Komputer (sumber:wikipedia)

Membahas tentang jaringan komputer memang tidak akan ada habisnya, dan tentunya tidak bisa hanya dengan satu postingan saja, karena judul dari tulisan kali ini Pengenalan dan Pengertian Jaringan, mungkin tidak akan terlalu banyak yang saya tulis.

Pengenalannya sudah bukan disana sudah ada pengertian dan fungsi dari jaringan komputer, mungkin sangat sederhana tapi memang seperti itulah adanya.

Dan untuk 2 komputer yang saling terhubung maka jaringan ini disebut dengan istilah peer-to-peer. Dan kedua komputer tersebutpun dapat saling berbagi resource sesuai dengan fungsi jaringan komputer tersebut seperti data pada komputer A dapat diambil oleh komputer B dan sebaliknya.

Tulisan ini mungkin sangat sederhana tetapi mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pengunjung Sulaiman Marbun Blog’s.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: