Home > Internet, Tips dan Trik > Memanfaatkan “Search Tools” Pada Google Search

Memanfaatkan “Search Tools” Pada Google Search

Google.com telah menjadi mesin pencari terbaik dan juga terbanyak yang paling banyak digunakan para netter dunia. Search Engine yang satu ini memang betul-betul ampuh, bahkan sekarang ini Google Search juga memberikan saran (suggestion) bagi kita saat ingin melakukan pencarian dari artikel ataupun yang lainnya.

Sebagai contohnya dalam tulisan ini, saya mempraktekkan dengan menggunakan google search dengan kata kunci pencarian lowongan atau lowongan kerja, maka begitu saya ketikkan google search dengan mudahnya menampilkan beberapa kata kunci dibelakang dari kata kunci yang kita ketikkan sebelumnya.

googlesuggest

 

Tentunya hal ini akan lebih memudahkan kita bukan saat melakakun surfing on internet, kita bebas memberikan kata kunci awal lalu akan tampil beberapa suggest (saran) dari apa yang akan kita cari. Google seolah-olah mengerti dengan jalan pikiran kita. Ini tentunya menjadi salah satu tools automatic yang dimiliki google bagi penggunanya. Namun dalam tulisan ini sebenarnya tools yang ingin saya bicarakan adalah search tools.

Search Tools ini akan muncul setelah kita menemukan kata kunci yang tepat untuk kita cari. Dan dengan tools ini kita akan lebih dimudahkan lagi dalam menemukan artikel yang segar dalam artian artikel yang masih baru dipublish atau sudah dipublish. Sebagai contoh kita menggunakan kata kunci atau keyword ” lowongan kerja medan 2013″.

googletools

 

Boleh kita bayangkan, begitu banyak hasil pencarian yang tersedia pada google search, pada image diatas ada sekitar 10.300.000 hasil pencarian yang dihasilkan dengan keyword “lowongan kerja 2013 medan”, segitu banyaknya hasil pencarian tersebut apakah kita akan membukanya satu persatu?. Tentu ini bukanlah satu pekerjaan yang mudah bukan, untuk itulah kita menggunakan Search Tools yang telah disediakan google search itu sendiri.

Tidak selamanya hasil pencarian teratas ada artikel terbaru yang dipublish, kita tentunya tidak ingin membuka situs yang menampilkan informasi yang telah kadalaursa. Saat menuliskan artikel ini, hasil pencarian dengan keyword ” lowongan kerja 2013 medan” hasil pencariannya saya tampilkan seperti image di bawah ini.

resultgoogleBoleh kita lihat sendiri, pencarian teratas itu merupakan informasi lowongan/rekrutmen yang terposting pada 25 Oktober 2012, meskipun pada judul besarnya “Lowongan Kerja 2013 Medan Sumatera Utara” ini tentunya akibat dari permainan kata kunci yang digunakan si blogger.

So, bagaimana agar yang muncul adalah artikel terbaru yang masih segar ? disini kita harus menggunakan Search Tools yang ada pada bagian bawah form keyword.

searchtoolsApabila kita melakukan klik pada bagian search tools (terkota merah)akan secara otomatis akan muncul opsi yang baru (kotak biru), yakni Any Time dan All Result. Karena kita ingin menampilkan hasil pencarian dengan artikel yang lebih segar atau yang terbaru, kita akan memilih opsi Any Time,  dan ubahlah opsi pencariannya menjadi Past Hour, Past 24 Hour, Past Week  atau yang lainnya, dan kita boleh melihat hasil pencarian kita.

searchtoolsresult

 

Berbeda bukan hasilnya, so biasakanlah menggunakan metode search tools dalam melakukan pencarian karena itu akan lebih membantu untuk mendapatkan informasi atau artikel yang lebih segar.

 

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: